19 Bakal Calon Anggota DPD RI Asal Kepri, Ada Gerry Yasid hingga Ismeth Abdullah

Senin, 26 Desember 2022 – 21:38 WIB
Ilustrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU). Foto: JPNN.Com

jpnn.com, TANJUNGPINANG - Komisi Pemilihan Umum Kepulauan Riau atau KPU Kepri baru menerima persyaratan pencalonan yang diserahkan oleh tiga dari 19 bakal calon anggota DPD RI asal provinsi itu.

Anggota KPU Kepri Arison menyebut tiga bakal calon anggota DPD RI yang telah menyerahkan syarat dukungan minimal pemilih ialah Ria Saptarika, Stephan Gerald M. Siburian, dan Hotma Hutapea.

BACA JUGA: ART Mencermati Komitmen Kajati Kepri Gerry Yasid Menegakkan Supremasi Hukum

Ria Saptarika saat ini menjabat sebagai anggota DPD RI, Hotma Hutapea merupakan mantan anggota DPRD Provinsi Kepri dari Partai Demokrat, dan Stephan adalah ketua Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional Kepri.

"Masih ada waktu empat hari lagi. Kami mengajak para tokoh masyarakat di Kepri untuk mendaftarkan dirinya sebagai bakal calon anggota DPD," ujar Arison di Tanjungpinang, Senin (26/12).

BACA JUGA: Minta Maaf kepada Ketua KPU, Wanita Emas Mengaku Depresi

Dia menyebut KPU Kepri telah memberi akses Sistem Informasi Pencalonan (Silon) kepada 19 bakal calon DPD RI.

Akses Silon tersebut diberikan sesuai dengan permintaan bakal calon DPD RI Daerah Pemilihan Kepri pada Pemilu 2024.

BACA JUGA: NasDem Bakal Gerah Jika Kadernya Kena Reshuffle dari Kabinet Jokowi

Silon menjadi alat bantu bakal calon untuk mengunggah syarat minimal dukungan pemilih dalam bentuk daftar nama pendukung (Formulir F-1 dan lampiran Formulir F-1) dan fotokopi KTP pendukung minimal 2.000 pemilih.

Setelah bakal calon DPD RI mengunggah syarat minimal dukungan tersebut ke dalam Silon, mereka harus menyerahkan dokumen tersebut kepada KPU Kepri mulai 16 hingga 29 Desember 2022.

Pada tanggal 16—28 Desember 2022, KPU Provinsi Kepri membuka layanan sesuai dengan jam kerja pukul 08.00—16.00 WIB. Khusus hari terakhir, bakal calon DPD RI akan dilayani sampai pukul 23.59 WIB.

"Masih bisa bertambah bakal calon DPD RI sepanjang tokoh yang berniat mencalonkan diri sudah mempersiapkan daftar dukungan dan KTP pendukung minimal 2.000 pemilih yang tersebar di empat kabupaten dan kota di Kepri," tuturnya.

Dari data di KPU Kepri, 16 orang lainnya yang memperoleh akses Silon ialah  Richard Hamonangan Pasaribu, Gerry Yasid, Imran Hanafi, Haripinto Tanuwidjaya, Sunarto Poniman, David Farel Sibuea, Ismeth Abdullah.

Lalu, ada nama Andhika Bintang Prasetya, Alias Wello, Artati, Dharma Setiawan, Dwi Ajeng Sekar Respaty, Hardi Selamat Hood, Juanda, Maryono, dan Sirajudin Nur.

Berikutnya, Richard Hamonangan Pasaribu, Dharma Setiawan dan Haripinto merupakan calon petahana. Hardi Hood, mantan anggota DPD RI, sedangkan Ismeth Abdullah merupakan mantan Gubernur Kepri dan Alias Wello mantan Bupati Lingga.

Gerry Yasid saat ini masih menjabat sebagai Kepala Kejati Kepri, sedangkan  Sirajudin Nur sebagai anggota DPRD Provinsi Kepri. Dwi Ajeng Sekar Respaty merupakan pengusaha muda yang juga putri dari mantan Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo.(antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rezim Jokowi Disebut Lebih Baik dari Era SBY, Irwan Demokrat Ungkap Fakta Ini


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler