2 Anggota Dewan Terpilih Mundur Demi Maju Pilkada 2024

Senin, 09 September 2024 – 20:42 WIB
Ketua KPU Kepri Indrawan Susilo Prabowoadi. ANTARA/Ogen.

jpnn.com - TANJUNGPINANG - Dua anggota DPRD Kepulauan Riau terpilih pada Pemilu 2024 memilih mengundurkan diri.

Menurut Ketua KPU Kepri Indrawan Susilo Prabowoadi keduanya mundur dengan alasan ikut bertarung pada Pilkada 2024.

BACA JUGA: Kotak Kosong Menang, Pilkada Akan diulang Paling Lama 2 Tahun

Dengan keputusan tersebut maka keduanya tidak ikut dilantik pada Senin (9/9). Keduanya yakni, Nyanyang Haris Pratamura dari Partai Gerindra dan Ery Suandi dari PDI Perjuangan.

"Keduanya sudah resmi mengundurkan diri dan menyerahkan surat pengundurannya kepada KPU," ujar Indrawan seusai menghadiri rapat paripurna pelantikan anggota DPRD periode 2024-2029 di Kantor DPRD, Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang.

BACA JUGA: KPU Sumbar Yakin Pilkada Tetap Lancar meski Ada Kotak Kosong

Indrawan menyebut anggota DPRD terpilih Nyanyang Haris Pratamura mengundurkan diri setelah memastikan mendaftar Pilkada 2024 di KPU Kepri sebagai bakal calon wakil gubernur mendampingi bakal calon Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Sedangkan Ery Suandi mendaftar Pilkada 2024 di KPU Kabupaten Karimun sebagai bakal calon wakil bupati mendampingi bakal calon Bupati Karimun Muhammad Firmansyah.

BACA JUGA: Silakan Daftar, KPU Lamsel Butuh 13.664 KPPS untuk Pilkada 2024

"Sesuai ketentuan surat pengunduran diri yang telah diajukan keduanya ke KPU pada saat pendaftaran pilkada tidak bisa ditarik lagi," ucapnya.

Selanjutnya, KPU bakal menunggu surat dari Sekretaris DPRD Kepri terkait pengajuan pergantian antarwaktu (PAW) terhadap kedua anggota legislatif tersebut.

"Setelah itu kami akan proses untuk menentukan siapa calon legislatif peringkat kedua suara terbanyak dari daerah pemilihan dan partai yang sama," katanya.

Indrawan menyebutkan total anggota DPRD Kepri masa jabatan 2024-2029 yang secara resmi sudah diambil sumpah sekaligus dilantik sebanyak 43 orang dari total 45 anggota DPRD terpilih, karena adanya dua anggota terpilih yang telah mengundurkan diri. (Antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cooling System Ciptakan Pilkada Damai, Irjen Iqbal Libatkan Media untuk Tangkal Hoaks


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler