20 Ribu Buku untuk Daerah Terpencil

Kamis, 15 Desember 2011 – 18:27 WIB

JAKARTA – Kurangnya infrastruktur, sarana, dan prasarana pendidikan di daerah terpencil di Indonesia mengundang keprihatinan banyak pihakPT Kapal Api Global mengadakan aksi sebagai tindak lanjut atas keprihatinan tersebut

BACA JUGA: Dua Kelas SDN Gadog Ambrol

Kamis (15/12), produsen kopi terkenal ini memberikan sumbangan 20 ribu buku untuk sekolah-sekolah di daerah terpencil dan pedalaman.

Menurut CEO Kapal Api Global, Ihsan M Putri, luasnya negara Indonesia merupakan tantangan tersendiri dalam bidang pendidikan
“Kurangnya tenaga pengajar, infrastruktur bangunan sekolah yang tidak memadai dan sarana belajar yang minim merupakan masalah utama pendidikan di daerah pelosok Indonesia,” jelasnya.

Ijma Sujiwa, Pengajar Muda dari Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar di Desa Belebak, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur menuturkan bahwa di sekolah tempatnya mengajar, buku yang ada merupakan kurikulum 1999

BACA JUGA: Ajari Siswa Berhemat Listrik

Satu buku dipegang hanya oleh guru selama pelajaran, sedang para murid tidak memiliki buku dan mencatat dari papan tulis.

Dalam kegiatan "Secangkir Semangat untuk Indonesia", Kapal Api bekerja sama dengan Yayasan Gerakan  Indonesia Mengajar - suatu lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan dan banyak berperan dalam mengirimkan pengajar muda ke daerah pelosok Indonesia


Dengan menyampaikan satu pesan semangat melalui alamat website mereka dan twitter, pengirim pesan semangat telah menyumbang dua buku untuk dibagikan ke sekolah-sekolah di pelosok Indonesia.

Buku yang terkumpul akan dibagikan langsung ke sekolah-sekolah di Kabupaten Aceh Utara - Nanggroe Aceh Darussalam, Kabupaten Lebak - Banten, Kabupaten Kapuas Hulu - Kalimantan Barat, Kabupaten Gresik - Jawa Timur, Kabupaten Bima - Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Rote Ndao - Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Sangihe - Sulawesi Utara, Kabupaten Maluku Tenggara Barat - Maluku dan Kabupaten Fakfak - Papua Barat.

Awalnya, tutur Putri, Secangkir Semangat untuk Indonesia berharap mendapatkan 5000 pesan semangat yang berarti 10.000 buku untuk didonasikan

BACA JUGA: Buku Teks Pelajaran Urusan Daerah

Di luar dugaan, jumlah tersebut tercapai hanya dalam sembilan hari.

Besarnya antusiasme masyarakat membuat Secangkir Semangat untuk Indonesia berharap mendapatkan 5000 pesan semangat lagiAkhirnya di hari ke-22, harapan itu tercapai sehingga total 20.000 buku akan didonasikan ke sekolah-sekolah di pelosok Indonesia.

“Kapal Api mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan iniSemoga 20.000 buku yang terkumpul dapat turut serta mengantarkan raga-raga bangsa ini menggapai jutaan mimpi yang lebih tinggi,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia Mengajar, Hikmat Hardono mengatakan, di pelosok dan daerah terpencil, anak-anak Indonesia memiliki semangat belajar yang tinggiDonasi buku ini diharapkan mampu menambah semangat mereka mencapai kesuksesan(wan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... ICW Ungkap Dana BOS Hangus Rp81 Miliar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler