26 Negara Simposium Bumi di Bali

Jumat, 05 Maret 2010 – 13:51 WIB

JAKARTA-Terkait pemanasan global, Indonesia akan menjadi tuan rumah Simposium Asia-Pasifik Group on Earth Observation System of Systems (GEOSS) ke-4, pada 10 hingga 12 Maret di BaliSimposium yang digelar Lapan ini akan diikuti oleh 26 negara

BACA JUGA: Pemerintah Cari Kejelasan Informasi dari Singapura

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Lapan, Elly Kuntjahyowati, dalam rilisnya menyebutkan perubahan iklim telah menjadi masalah global yang melibatkan berbagai negara untuk bekerja sama mengurangi dampak tersebut.

"GEOSS juga berfungsi sebagai wadah negara di Asia-Pasifik untuk bertukar informasi dan pemahaman dalam menangani perubahan iklim," ujarnya
Hasil pertemuan tersebut nantinya akan menjadi rekomendasi untuk Group on Earth Observation System (GEO) Ministerial Summit di Beijing, Cina, pada November mendatang.
  
Pertemuan ini akan memperkuat jejaring internasional antar negara-negara anggota

BACA JUGA: Ancaman Teroris di Selat Malaka

Jaringan tersebut akan membentuk sinergi nasional, regional, dan internasional dalam membangun jejaring observasi bumi untuk kesejahteraan masyarakat.

Ada empat topik utama yang akan menjadi fokus dalam simposium ini
Topik tersebut adalah Kapasitas Pemantauan dan Variabilitas Iklim Asia-Pasifik, Manajemen Sumber Daya Air dan Hidrometeorologi Terkait dengan Bencana Alam, Pemantauan Karbon Hutan, dan Jaringan Observasi Biodiversity di Asia-Pasifik.
  
"Pertemuan GEO merupakan kolaborasi internasional untuk menggali potensi pengamatan bumi guna mengatasi masalah lingkungan di dunia," kata dia.

Anggota GEO adalah organisasi internasional dan pemerintah yang berhubungan dengan kegiatan pengamatan bumi

BACA JUGA: Hawking Ancam Hengkang

Ada sembilan area yang menjadi wilayah pembahasan GEOArea tersebut adalah bencana alam, kesehatan, energi, iklim, air, cuaca, ekosistem, pertanian, dan biodiversity.(lev/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Di AS, Pernikahan Lebih Awet Ketimbang Kumpul Kebo


Redaktur : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler