3 Alasan Boy Sadikin Ingin Disingkirkan dari Ketua DPD PDIP DKI

Kamis, 12 Maret 2015 – 21:16 WIB
3 Alasan Boy Sadikin Ingin Disingkirkan dari Ketua DPD PDIP DKI. Foto JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Urusan siapa yang bakal memimpin DPD PDIP Perjuangan DKI Jakarta kini di tangan DPP. Itu terjadi setelah Konferensi Daerah (Konferda) yang digelar Rabu (11/3) berakhir deadlock sehingga diambil alih DPP.  

Jalan buntu itu terjadi setelah lima dari enam DPC yang ada di DKI tidak satu suara. Tercatat 5 DPC yakni Jaksel, Jakpus, Jakbar, Jakut dan Kepulauan Seribu mendukung Boy Bernadi Sadikin menjadi ketua DPD PDI-P DKI periode 2015-2020. Sementara itu, DPC Jaktim menolak Boy dan mendukung Puti Guntur Soekarnoputri.

BACA JUGA: Calon Tersangka Korupsi UPS dari Swasta dan PNS

Pengamat politik, Sugiyanto melihat kisruh Konferda PDIP DKI menjadi bukti kentalnya kepentingan yang menungganginya. Kata dia, kepentingan itu menginginkan agar Boy disingkirkan. 

“Ada menginginkan agar Boy Sadikin tersingkir dari kursi ketua DPD PDI-P DKI," ujarnya kepada wartawan, Kamis (12/).

BACA JUGA: Ini Kemiripan Orang Minang dengan Yahudi

Menurut pria yang akrab disapa SGY ini ada beberapa poin strategis yang menyebabkan begitu kuatnya dorongan dari pihak-pihak tertentu yang ingin menyingkirkan putera sulung mantan gubernur DKI Ali Sadikin tersebut. Kata dia, ada tiga alasan menyingkirkan Boy.

Pertama mengenai soal hak angket yang digulirkan DPRD DKI untuk Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Kedua, soal penentuan cagub di pilkada DKI 2017 mendatang. Dan yang ketiga adalah terkait pencalegan saat pileg 2019. 

BACA JUGA: Dilaporkan ke Bareskrim, Ahok Santai

Belum lagi lanjut SGY intrik-intrik personal yang kesulitan menembus barisan Boy Sadikin yang mengawal kandang banteng Jakarta yang secara kinerja politik teruji sejak 2012.

"Pihak-pihak tertentu inilah yang menghimpun suatu kekuatan untuk menyingkirkan Boy Sadikin," ujarnya lagi.

Kini, lanjut SGY bola konferda DKI sudah berada ditangan DPP.

"Tinggal dilihat apakah DPP merespon prestasi politik yang sudah diukir Boy dengan treble winnernya dimana membawa PDIP menang di pilkada DKI 2012, sukses di pileg dan pilpres 2014. Atau memilih calon lain yang belum ada prestasinya untuk PDIP khususnya di DKI," tegasnya.

Terpisah, 5 DPC yang mendukung Boy Sadikin segera mengirimkan surat pernyataan ke DPP. Surat itu bertujuan agar DPP PDIP bersikap lebih bijaksana menyikapa kisruh yang terjadi pada konferda. 

"Insya Allah, besok (Jumat,13/3) DPC Jaksel akan kirim surat ke DPP. Teman-teman DPC lainnya juga," ujar Ketua DPC PDIP Jaksel, Panji Virgianto. 

Anggota DPRD DKI ini berharap DPP memberikan keputusan yang terbaik terkait konferda DPD PDIP DKI.

"Kami yakin, DPP akan mengeluarkan keputusan yang bijak. Kami 5 DPC menghormati keputusan apapun dari DPP. Karena mengingat ingin memberikan penghormatan kepada Boy Sadikin yang sudah memberikan pembelajaran politik dan bimbingan sehingga DKI Jakarta memperoleh target partai yang maksimal dalam pilkada DKI 2012, pileg dan pilpres 2014 lalu," bebernya. (awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sekda DKI Akui RAPBD yang Diserahkan ke Mendagri dari e-Budgeting


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler