3 Hal Ini Membuat Kulit Bayi Sensitif, Dokter Spesialis Beri Solusi

Jumat, 18 Maret 2022 – 21:50 WIB
Para pembicara dalam konferensi pers Pure Baby “Yang Pertama, Yang Berharga”. Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Kulit bayi membutuhkan perawatan khusus. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Archives of Dermatological Research pada 2017, setidaknya terdapat tiga hal yang membuat kulit bayi sensitif. 

Pertama, bayi memiliki lapisan epidermis terluar (stratum korneum) yang lebih tipis. Kedua, proses penyerapan dan penguapan air di kulit bayi yang lebih cepat dibandingkan orang dewasa.

BACA JUGA: Jenderal Andika: Kepada Semuanya, Pengajar Nanti Tidak Hanya Militer Aktif

Ketiga, faktor pelembab alami dan produksi lipid kulit pada bayi lebih sedikit dibandingkan orang dewasa sehingga lebih mudah kehilangan kelembapan. 

Menurut dr. Arini Widodo, Sp.KK selaku dokter spesialis kulit dan kelamin, setelah dilahirkan, kulit bayi beradaptasi dengan lingkungan baru.

BACA JUGA: Buat Penderita Diabetes Melitus, Begini Imbauan Dokter Spesialis Mata

Terlebih, kulit bayi masih sangat rentan terhadap berbagai faktor pemicu iritasi sehingga penting untuk memilih produk perawatan bayi dengan kandungan yang mampu memenuhi kebutuhan sekaligus melindungi barrier kulit bayi.

“Terdapat sejumlah riset yang menunjukan berbagai benefit kolostrum secara oral, dan beberapa riset menunjukan potensi benefit untuk kulit secara topikal,” jelas dr. Arini dalam konferensi pers Pure Baby “Yang Pertama, Yang Berharga” secara virtual, Kamis (17/3).

BACA JUGA: Jenderal Andika Ingin Bikin Terobosan Mengatasi Kekurangan Dokter Spesialis

Kolostrum merupakan kandungan yang tergolong aman. Dalam penelitian in vitro berpotensi memperbaiki barrier (sawar) kulit, mengurangi penguapan air di kulit sehingga berperan dalam menjaga kelembaban kulit.

Kolostrum kaya akan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kulit.

Kolostrum mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, lactoferrin, antibodi, faktor pertumbuhan. Juga kaya akan vitamin (Vit A, Vit B6, Vit B12, Vit C, Vit D, Vit E dan Vit K) dan mineral (Kromium, Natrium, Magnesium, Kalsium, Tembaga, Besi dan Zinc). 

“Banyak riset mengenai kolostrum pada kulit masih on-going untuk digali kembali potensi-potensi lainnya yang bermanfaat untuk kulit.” tambah dr. Arini.

Rizma Ariefiani selaku Head Brand Portfolio Strategy & Innovation Pure Baby mengungkapkan, ekstrak kolostrum yang terdapat dalam setiap produk Pure Baby berasal dari sapi yang memiliki banyak manfaat, karena tinggi protein dan antibodi.

Tak hanya untuk dikonsumsi, nyatanya kini ekstrak kolostrum juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit. 

“Pure Baby diformulasikan khusus untuk mampu membawa manfaat dari ekstrak kolostrum agar bisa merawat dan menjaga kehalusan kulit bayi serta teruji secara dermatologi,” lanjut Rizma. 

Dia menambahkan rangkaian produk mereka telah teruji secara dermatologi, tidak menggunakan bahan yang menyebabkan alergi (non-allergy formula), dibuat dengan formula pH seimbang (5,5).

Selain itu, dibuat tanpa tambahan SLS maupun paraben dan pewarna, guna memberikan manfaat menyeluruh bagi kulit bayi. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jenderal Andika Dorong Prajurit TNI Ikut Pendidikan Dokter Spesialis


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler