3 Khasiat Daun Bawang, Lindungi Tubuh dari Serangan Penyakit Ini

Rabu, 21 Februari 2024 – 06:47 WIB
Daun bawang. Foto Shutterstock

jpnn.com, JAKARTA - DAUN bawang merupakan salah satu sayuran yang biasanya ditambahkan ke dalam beberapa hidangan gurih, seperti sup, bakso, dan lainnya.

Daun bawang menciptakan aroma dan rasa khas yang mampu menambah kelezatan hidangan.

BACA JUGA: 5 Khasiat Daun Bawang, Bikin Jantung Bahagia

Terlebih, kandungan daun bawang menyimpan beragam vitamin dan folat terbukti bisa menyembuhkan beragam penyakit secara alami.

Dari berbagai kandungan gizi tersebut, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi daun bawang.

BACA JUGA: 6 Manfaat Kurma yang Ampuh Lindungi Tubuh dari Penyakit Ini

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Mengontrol kadar gula darah

Daun bawang memiliki kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dan memiliki manfaat dalam mengontrol kadar gula darah pada penderita penyakit diabetes.

BACA JUGA: 3 Manfaat Air Kunyit Campur Lemon, Bikin Penyakit Ini Tidak Berani Mendekat

Bila terjadi terus menerus, gula darah tinggi bisa meningkatkan potensi terjadinya stres oksidatif.

Stres oksidatif adalah kondisi saat tubuh tidak mampu melawan zat beracun, seperti radikal bebas, yang bisa mendorong perkembangan dari penyakit diabetes itu sendiri.

Oleh sebab itu, mengonsumsi daun bawang yang kaya akan antioksidan bisa membantu mencegah radikal bebas sekaligus mengontrol kadar gula dalam darah atau diabetes.

2. Mencegah kanker

Kandungan quercetin dan flavonoid yang terdapat pada daun bawang memiliki manfaat untuk mencegah kanker.

Dukungan terhadap pernyataan ini juga melalui sebuah penelitan Curtin University pada tahun 2017.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa quercetin dan flavonoid yang terdapat pada daun bawang memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba, dan antikanker sehingga bisa membantu tubuh melawan pembentukan sel kanker.

Dalam prakteknya, penggunaan ekstrak daun bawang dianggap memiliki efektivitas yang lebih tinggi, jika Anda ingin menggunakannya sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit kanker.

3. Mencegah peradangan

Selain membantu melawan kanker, ternyata kandungan quercetin yang terdapat pada daun bawang juga memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi.

Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2020 menyatakan bahwa quercetin memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Di samping itu, kandungan vitamin C yang juga terdapat di dalam daun bawang memberikan manfaat sebagai antioksidan yang berperan aktif dalam memerangi peradangan.(genpi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 9 Manfaat Air Rebusan Daun Bawang, Memberi Manfaat untuk Penderita Penyakit Ini


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler