4 Hal Penting untuk Bangkitkan Sektor Pertanian

Rabu, 10 Januari 2018 – 01:52 WIB
Petani panen di sawah. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menyoroti rendahnya kesejahteraan petani yang akan berimplikasi terhadap banyak hal.

Salah satunya krisis regenerasi petani. Padahal, dalam beberapa tahun ke depan Indonesia akan mengalami bonus demografi.

BACA JUGA: Jaga Supply dan Demand Agar Harga Bawang Merah Stabil

Ketua Umum HKTI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengatakan, sudah saatnya untuk mempersiapkan sumber daya dalam pembangunan petani.

"Isu yang penting untuk diperhatikan terkait kondisi pertanian Indonesia saat ini untuk ke depannya yaitu SDM, pengembangan kawasan perdesaan, lahan, kemudian reforma agraria" ujar Moeldoko di kantor DPN HKTI, Jalan Cokroaminoto 55-57, Jakarta Pusat, Selasa (9/1).

BACA JUGA: Beli Jagung Petani, Japfa Gandeng HKTI

Mantan panglima TNI ini menambahkan, untuk menuju kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani, lahan merupakan hal yang paling mendasar.

Ada empat hal yang dibahas berkaitan dengan lahan. Yaitu tata kuasa, tata kelola, tata niaga dan distribusi, serta tata produksi.

BACA JUGA: Pertanian Butuh Regenerasi, Moeldoko Segera Hidupkan Pestani

"Banyak program untuk pengentasan kemiskinan, kedaulatan. Sebenarnya kalau ditarik semua kaitannya dengan reforma agraria dan tanah. Lahan pertanian yang dikonversi peruntukannya ke hal lain salah satunya," ujar Moeldoko.

Moeldoko mendorong konsolidasi lahan pertanian guna meningkatkan kesejahteraan petani di dalam negeri.

Sebab, kepemilikan lahan oleh petani dalam negeri terhitung masih kecil dan kurang produktif.

Dia menjelaskan, dalam penciptaan lahan konsolidasi pertanian rakyat diperlukan pemberian sertifikat strata title versi pertanian yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap komoditas.

"Sektor pertanian memegang andil penting dalam perekonomian suatu negara. Selain sebagai penghasil devisa negara, juga berkontribusi dalam ketahanan dan kedaulatan pangan," kata Moeldoko.

Selain itu, lanjut Moeldoko, pembangunan pertanian memang tidak pernah terlepas dari salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan petani.

Oleh karena itu, SDM yang menggantungkan hidup di sektor pertanian harus dipedulikan dan dijaga.

"Kalau kita sepakat jika sektor pertanian ini adalah ruang ekonomi rakyat, maka perlu dipahami agar SDM-nya perlu diperhatikan. Pertanian harus tetap menjadi ruang ekonomi rakyat" kata Moeldoko. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PSP Kementan Dorong Revisi Izin Edar Pestisida


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler