5 Berita Terpopuler: Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK, Ada Info Penting dari BKN, Honorer Serius Diangkat?

Jumat, 19 April 2024 – 07:52 WIB
Para honorer atau non-ASN punya peluang diangkat jadi PPPK dan CPNS. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Selamat pagi pembaca setia JPNN.com, hari ini kami sajikan berita terpopuler sepanjang Kamis (18/4) tentang Menteri Anas meminta pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK jemput bola, ada info penting dari BKN soal pendataan honorer, hingga pemda serius angkat honorer lulusan SD/SMP. Simak selengkapnya!

1. Info Penting dari BKN soal Pendataan Honorer atau Non-ASN

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: ASN yang Pindah ke IKN Bakal dapat 1 Apartemen, 92 Ribu NIK Warga Jakarta Bakal Nonaktif

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan pada 2024 ini tidak melakukan pendataan ulang non-ASN atau honorer.

“Proses pendataan Non-ASN telah selesai dilaksanakan pada bulan Oktober 2022,” demikian keterangan pers yang disampaikan Plt. Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama BKN Nanang Subandi, dikutip dari situs resmi BKN, Kamis (18/4).

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Tolong Serius Menindaklanjuti Pengangkatan Honorer jadi PPPK, Jangan Dibenturkan, Waspada

Nanang menjelaskan, pendataan honorer (non-ASN) merupakan tindak lanjut dari berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK yang mewajibkan status kepegawaian di lingkungan Instansi Pemerintah terdiri dari 2 jenis kepegawaian, yaitu PNS dan PPPK sampai dengan tanggal 28 November 2023.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Buntut Bentrok TNI AL & Brimob, 2 Jenderal Minta Maaf, 6 Polisi & 4 Tentara Luka-Luka

Info Penting dari BKN soal Pendataan Honorer atau Non-ASN

2. Yoga & Ayu Honorer, per 1 Mei 2024 Sah jadi PPPK

Yoga dan Ayu merupakan dua honorer yang per 1 Mei 2024 mendatang bakal sah menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Pemkot Kediri, Jatim, bersama ratusan rekan-rekannya yang lain.

Yoga, salah satu calon PPPK, mengaku bersyukur. Pria yang sudah menjadi tenaga honorer sejak 2016 itu mengatakan dirinya melamar pada formasi jabatan fungsional ahli pertama pranata komputer di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kediri.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Yoga & Ayu Honorer, per 1 Mei 2024 Sah jadi PPPK

3. Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK: Menteri Anas Sampai Meminta Jemput Bola, Oh

Pemerintah belum menetapkan kapan jadwal pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024 akan dibuka.

Perlu diketahui, pemerintah sudah menyiapkan formasi CPNS 2024 dan PPPK 2024 yang cukup banyak, yakni mencapai 2.302.543.

Namun, hingga pertengahan April ini masih ada instansi yang belum menyampaikan rincian kebutuhan PNS dan PPPK 2024 melalui SIASN layanan perencanaan kebutuhan ASN.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK: Menteri Anas Sampai Meminta Jemput Bola, Oh

4. Pemda Serius Angkat Honorer Lulusan SD/SMP Jadi PPPK 2024?

Ketum Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) Sahirudin Anto mengatakan pemerintah pusat sudah menunjukkan keberpihakannya kepada tenaga non-ASN.

Keberpihakan tersebut membuat honorer K2 khususnya merasa bersemangat lagi untuk berjuang mendapatkan status ASN.

"Honorer lulusan SD/SMP bisa diangkat PPPK 2024 jika pemda punya komitmen kuat," kata Sahirudin kepada JPNN.com, Kamis (18/4).

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Pemda Serius Angkat Honorer Lulusan SD/SMP Jadi PPPK 2024?

5. Ubah Sebutan KKB Menjadi OPM, Panglima TNI Banjir Dukungan

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memutuskan untuk mengubah penyebutan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Kelompok Separatis Teroris (KST) menjadi Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Penyebutan tersebut menyusul makin biadabnya KKB atau KST. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor STR/41/2024 tertanggal 5 April 2024.

Langkah tersebut mendapat dukungan dari berbagai tokoh nasional, seperti Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP TB Hasanuddin, dan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Ubah Sebutan KKB Menjadi OPM, Panglima TNI Banjir Dukungan

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Berita Terpopuler: Pertanyaan Pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK Muncul, Ada Bentrok, Situasinya jadi Begini


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler