5 Makanan dan Minuman yang Wajib Anda Konsumsi Saat Terserang Flu

Senin, 12 Februari 2024 – 02:01 WIB
Sup ayam. Foto: bedbathandbeyond

jpnn.com, JAKARTA - FLU merupakan salah satu penyakit pernapasan yang bisa menyerang siapa saja, bahkan anak-anak.

Meskipun mencuci tangan, membatasi paparan terhadap orang yang sakit, dan mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh secara teratur terus menjadi cara terbaik untuk mencegah flu, Anda bisa memperkuat pertahanan alami tubuh melalui sarapan, makan siang, dan makan malam.

BACA JUGA: Anda Terserang Flu, Segera Atasi dengan Mengonsumsi 7 Teh Herbal Ini

Ada beberapa makanan dan minuman terbaik yang bisa Anda konsumsi saat sedang flu.

Sebagai aturan umum, makanan dan minuman terbaik untuk dimakan saat Anda sedang flu sama dengan makanan terbaik untuk dimakan kapan saja untuk mengurangi risiko penyakit kronis dan untuk meningkatkan umur panjang dan hidup sehat.

BACA JUGA: Cegah Kolesterol Meningkat Drastis dengan Mengonsumsi 6 Makanan Lezat Ini

Buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan juga bisa membantu pertumbuhan dan pemeliharaan mikrobioma (beragam bakteri baik yang berada di saluran pencernaan kita), yang secara mengejutkan memainkan peran besar dalam kekebalan internal kita.

Berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi saat sedang flu yang menawarkan beberapa kualitas pendukung kekebalan yang disebutkan di atas.

BACA JUGA: Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Mengonsumsi 6 Minuman Ini

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Bhg.com.

1. Sup Ayam

Mengonsumsi makanan seperti sup ayam saat sakit mungkin terdengar seperti dongeng lama.

Namun, ada beberapa ilmu pengetahuan yang menunjukkan bahwa mengonsumsi sup saat sakit mungkin menawarkan beberapa manfaat penyembuhan.

Sup sayuran, sup kacang-kacangan serta hidangan kaya nutrisi serupa lainnya diperhitungkan jika ayam bukan pilihan utama Anda.

Sup sehat mungkin bisa membantu menurunkan peradangan dan mengurangi hidung tersumbat.

Sup menghidrasi, memberi nutrisi, dan bagi banyak orang, memiliki nilai emosional yang menenangkan yang bisa membantu kita merasa lebih baik secara psikologis.

Karena bawang putih mungkin memiliki sifat antimikroba dan antivirus, memasukkannya ke dalam makanan Anda saat kamu sakit bisa membantu Anda merasa lebih baik, meskipun diperlukan lebih banyak data untuk menyimpulkan hal ini.

2. Teh

Seperti halnya sup, minuman seperti teh panas bisa membantu mengurangi hidung tersumbat. Teh juga mengandung polifenol.

Zat alami yang ditemukan dalam tumbuhan ini memiliki banyak potensi manfaat kesehatan, termasuk efek antioksidan dan antiinflamasi.

3. Madu

Menurut meta-analisis dari 14 penelitian, madu bisa mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan batuk di malam hari, dalam beberapa kasus, bahkan lebih baik daripada sirup obat batuk yang dijual bebas.

4. Jeruk

Jeruk adalah salah satu makanan paling menghidrasi untuk meningkatkan kesehatan kulit dan tubuh.

Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk dimakan saat Anda sedang flu.

Selain H2O, buah jeruk juga mengandung vitamin C dan senyawa tanaman lainnya yang membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik.

5. Beri

Buah atau sayuran apa pun dengan rona alami biru, ungu, hitam, atau merah kemungkinan besar memperoleh warna tersebut dari antosianin, salah satu bahan kimia nabati dalam keluarga flavonoid.

Antosianin memiliki efek antiinflamasi, antivirus, dan meningkatkan kekebalan yang kuat.

Meskipun terdapat dalam lusinan makanan nabati, buah beri memiliki lebih banyak antosianin dibandingkan kategori makanan lainnya, lapor Klinik Cleveland.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Pengobatan Alami yang Ampuh Obati Flu untuk Ibu Hamil


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
flu   Makanan   minuman   Jeruk  

Terpopuler