5 Makanan Penguat Tulang Musuh Osteoporosis

Minggu, 09 April 2017 – 11:28 WIB
Salmon dan sayuran. Foto: foodlife

jpnn.com - Osteoporosis merupakan suatu istilah kedokteran yang sering diartikan sebagai tulang keropos. Osteoporosis terjadi akibat minimnya kepadatan dan kualitas tulang sehingga menjadikannya sedikit demi sedikit tergerus dan akhirnya keropos.

Faktanya, osteoporosis lebih sering terjadi pada wanita ketimbang pada pria. Hal ini dikarenakan tulang wanita lebih tipis dibanding tulang pria. Ditambah lagi, estrogen, hormon yang melindungi tulang pada wanita akan menurun secara drastis saat wanita memasuki masa menopause, menjadikan proses osteoporosis semakin cepat terjadi.

BACA JUGA: 5 Makanan Sumber Magnesium Ini Baik untuk Tubuh Anda

Untuk mencegah hal tersebut, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tepat.

Berikut adalah beberapa makanan untuk mencegah osteoporosis, seperti dilansir laman Today, Rabu (5/4).

BACA JUGA: 5 Makanan Ini Bisa Membantu Proses Detoksifikasi Anda

1. Brokoli rabe

Sayuran gelap berdaun hijau adalah sumber terbaik dari kalsium. Brokoli rabe dikenal sebagai bintangnya kalsium karena kandungan mineral (kalsium) yang bahkan mengalahkan bayam.

BACA JUGA: 7 Makanan Ini Ampuh Membakar Lemak

2. Kacang mete

Kacang ini tinggi magnesium, mineral yang memberikan kontribusi penting untuk kesehatan tulang Anda dengan merangsang produksi tiroid kalsitonin.

Hormon ini menghambat aktivitas osteoklas, sel-sel yang berfungsi untuk memecah tulang.

3. Telur

Kuning telur kaya akan vitamin D. Nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan tulang Anda karena merangsang produksi protein pengikat kalsium.

4. Scallions

Vitamin K terkenal karena perannya dalam pembekuan darah, tetapi juga memainkan peran dalam bekerjasama dengan vitamin D untuk menyerap kalsium.

Bahkan membantu tubuh Anda membuat protein yang dibutuhkan agar tulang Anda menjadi tetap sehat.

5. Salmon kalengan

Penelitian menunjukkan bahwa selain kalsium dan asupan vitamin D, protein juga berperan dalam kesehatan tulang yang tentunya membantu dalam pencegahan osteoporosis.

Asupan protein yang rendah telah dikaitkan dengan peningkatan insiden patah tulang pinggul.

6. Susu Almond

Susu almond memiliki kalsium lebih banyak dari susu biasa (1 cangkir susu almond mengandung 450 miligram kalsium, dibandingkan 311 miligram untuk susu sapi).

Asupan harian yang direkomendasikan untuk kalsium adalah 1.000 miligram untuk pria dan wanita usia 19-50 tahun dan meningkat menjadi 1.200 miligram untuk wanita usia 51-70 tahun.

Susu almond relatif rendah kalori dan merupakan pilihan yang baik untuk orang-orang yang mungkin sensitif terhadap laktosa.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 9 Makanan Kaya Probiotik, Baik untuk Diet Anda


Redaktur : Adil
Reporter : Adil, Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler