52 Tim Talenta Muda Adu Inovasi di Kompetisi Inovator Muda 2.0

Rabu, 14 Agustus 2024 – 21:41 WIB
Sebanyak 52 tim binaan Kemnaker mengikuti Kompetisi Inovator Muda 2.0 2024 di Jakarta selama tiga hari (14-16 Agustus 2024). Foto: Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 52 tim yang terdiri dari 3 orang peserta (Hustler, Hipster, dan Hacker) binaan dari Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVPP); Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kemnaker mengikuti Kompetisi Inovator Muda 2.0 2024 di Jakarta mulai dari 14-16 Agustus 2024. 

Ke-52 tim talenta muda tersebut berasal dari Talenthub sebanyak 14 tim, BPVP Padang (13), BPVP Banyuwangi (10), BPVP Bandung Barat (7), BPVP Sidoarjo dan BPVP Lombok Timur (2), dan BBPVP Medan, BBPVP Semarang, BPVP Samarinda, BPVP Surakarta masing-masing 1 tim.

BACA JUGA: Kemnaker Raih Penghargaan Popular Government Institution 2024 dari The Iconomics

"Tujuan digelarnya kompetisi Inovator 2.0 ini untuk menstimulasi kreativitas dan inovasi di kalangan generasi muda, khususnya dalam menciptakan solusi baru yang relevan dan bermanfaat bagi Masyarakat," kata Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Caswiyono Rusydie Cakrawangsa saat membuka Kompetisi Inovator Muda 2.0 di Jakarta, Rabu (14/8) malam.

Inovator Muda adalah talenta muda yang memperkenalkan ide, gagasan atau aspirasi baru dalam inovasi digital bagi Tenaga Kerja Mandiri (TKM) yang belum pernah disampaikan oleh orang lain sebelumnya.

BACA JUGA: Kemnaker Gelar Pekan Olahraga, Menaker Ida: Mari Sama-Sama Menggali Kekuatan

Caswiyono menegaskan dengan melibatkan talenta muda, Kompetisi Inovator berkontribusi dalam menciptakan peluang kerja baru, sekaligus mendukung upaya pengurangan pengangguran. 

"Kompetisi juga bertujuan mencetak generasi muda yang tangguh dan siap menghadapi tantangan di dunia wirausaha, serta mampu membawa perubahan positif bagi ekonomi dan masyarakat, " kata Caswiyono.

BACA JUGA: Lantik 21 Pejabat Fungsional Kemnaker, Sekjen Anwar Ingatkan Pentingnya Menata Niat

Dia berharap seluruh Inovator Muda yang ikut kompetisi akan menjadi aktor-aktor penting perluasan kesempatan kerja yang mampu menolong banyak orang, teman-teman, tetangga dan adik-adik para Inovator yang belum bekerja. 

"Kalian semua adalah anak-anak muda terpilih, karena tidak semua anak muda diundang ke sini. Kami berharap kalian menjadi bagian ekosistem ketenagakerjaan kita yang akan menolong negeri ini dari kemiskinan dan pengangguran, " katanya.

Sementara Talenta Muda Rafli (22) dari Talent Hub mengaku senang dapat mengikuti kompetisi Inovator Muda 2.0 karena sudah terorganisir dengan baik.

"Manfaat kompetisi ini, saya dapat sharing ide dengan Inovator-inovatir lintas provinsi sehingga dapat mengembangkan ide baru, " kata mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta tersebut. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemnaker Ingatkan Ahli K3 Terus Mengawal Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler