64 Desa di Sampang Berpotensi Terdampak Kekeringan

Senin, 24 Juni 2019 – 05:06 WIB
Musim kemarau sangat dirasakan warga Desa Panggung, Kecamatan Sampang. Foto: ANIS BILLAH/Radar Madura

jpnn.com, SAMPANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah mengeluarkan peringatan terkait potensi kekeringan yang akan melanda Kabupaten Sampang. Diperkirakan musim kemarau akan berlangsung selama empat bulan. Terhitung sejak awal Juni hingga September.

Memasuki musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang mulai mencium aroma bencana kekeringan. Saat ini, BPBD sudah menerima laporan dari kecamatan terkait daerah yang berpotensi terdampak kekeringan. Data sementara jumlahnya mencapai 64 desa.

BACA JUGA: Polisi Bekuk Amin Rais Cs

"Berdasarkan peringatan dari BMKG, kekeringan akan melanda Kota Bahari hingga September," kata Kepala BPBD Sampang Anang Joenaedi.

BACA JUGA: Empat Desa di Trenggalek Butuh Air Bersih Akibat Kekeringan

BACA JUGA: Ribuan Warga di Sini Mulai Alami Krisis Air Bersih

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah desa terdampak kekeringan semakin meluas. Tahun sebelumnya jumlah desa yang terdampak kekeringan sebanyak 42 desa. Saat ini, pihaknya sudah menerima laporan 64 desa berpotensi terdampak kekeringan.

”Tahun ini, desa yang berpotensi terdampak kekeringan semakin luas. Sementara laporan yang kami terima, terdapat 64 desa yang terdampak kekeringan se-Kabupaten Sampang,” terangnya.

BACA JUGA: Empat Desa di Trenggalek Butuh Air Bersih Akibat Kekeringan

Jumlah desa yang terdampak kekeringan bisa bertambah. Pasalnya, ada dua kecamatan yang belum melaporkan desa yang berpotensi terdampak kekeringan. Kemungkinan minggu depan data desa kekeringan sudah valid.

Anang menyebutkan, pada tahun sebelumnya terdapat dua kecamatan yang tidak terdampak kekeringan. Yakni Kecamatan Omben dan Camplong. Tahun ini, beberapa desa di dua kecamatan tersebut masuk daerah yang berpotensi terdampak kekeringan.

”Sekarang, beberapa desa di Kecamatan Omben dan Camplong masuk data daerah yang kekeringan. Hanya, kami belum mengecek kondisi di desa,” ujarnya.

BACA JUGA: Warga Lereng Merapi Dilanda Kekeringan

Dari 64 desa yang berpotensi terdampak kekeringan, terdapat beberapa desa yang masuk kering kritis. Dikatakan yang dimaksud kering kritis yakni, jarak dari mata air terdekat baik PDAM atau sumber mata air lebih dari 3 kilometer.

Di samping itu, terdapat desa yang tergolong kering langka. Yakni, desa tersebut terpaut jarak antara 500 meter hingga 3 kilometer dari sumber mata air.

”Untuk jumlahnya kami belum bisa menyebutkan karena datanya terus berkembang. Yang jelas kami akan berupaya untuk memberikan bantuan kepada daerah terdampak kekeringan,” janjinya.

Penanganan bencana kekeringan sama dengan tahun sebelumnya. Yakni, bantuan dropping air bersih kepada masyarakat desa yang terdampak kekeringan.

BACA JUGA: Irigasi Perpompaan Jadi Harapan Baru Petani Hadapi Kekeringan

Pihaknya masih memvalidasi data desa terdampak kekeringan. Setelah SK bupati diterbitkan, pihaknya melakukan rapat koordinasi dengan instansi pemerintah lainnya seperti PDAM, bappeda, dan BPKAD.

”Dropping air bersih belum dilakukan. Kami masih menuggu validasi data daerah yang terdampak kekeringan,” tuturnya. (mr/onk/bas/JPR)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Saluran Irigasi Kering, 60 Hektar Sawah Gagal Panen


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler