7 Khasiat Makan Telur Setiap Hari, Bikin Deretan Penyakit Ini Ogah Mendekat

Kamis, 08 Agustus 2024 – 02:00 WIB
Ilustrasi telur. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - TELUR merupakan salah satu makanan yang memberi manfaat luar biasa untuk tubuh.

Baik putih telur maupun kuning telur kaya akan nutrisi. Kuning telur mengandung vitamin yang larut dalam lemak, termasuk vitamin A, D dan E serta lemak termasuk asam lemak esensial omega-3, sedangkan sebagian besar protein terdapat pada putih telur.

BACA JUGA: 5 Manfaat Telur Ayam Kampung yang Tidak Terduga

Telur adalah bahan penting dan serbaguna. Tata rias khusus mereka adalah kunci dari banyak prosedur memasak penting termasuk pengikatan, pelapisan dan pelapisan serta pembuatan struktur dan tekstur roti dan kue.

Ada banyak jenis telur yang berbeda, yang paling umum adalah ayam, sementara pilihan makanan lainnya mencakup bebek, angsa, dan puyuh.

BACA JUGA: 9 Manfaat Ubi Jalar, Cegah Serangan Penyakit Ini

Telur berukuran sedang (53g) mengandung 7g protein lengkap, menjadi 'protein lengkap' berarti telur mengandung 9 asam amino esensial yang kita butuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan dan perbaikan.

Sebagian besar makanan nabati, seperti biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan merupakan protein tidak lengkap karena kekurangan satu atau lebih asam amino esensial yang kita butuhkan.

BACA JUGA: Ini Manfaat Telur Yang Perlu Anda Ketahui

Hal ini, dipadukan dengan fakta bahwa telur merupakan sumber vitamin B12, zat besi, dan asam lemak esensial omega-3 yang baik, menjadikan telur sebagai tambahan yang berharga untuk pola makan vegetarian.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Bbcgoodfood.com.

1. Bergizi tinggi

Telur utuh kaya nutrisi, menyediakan hampir semua nutrisi yang Anda butuhkan.

Telur memiliki rasio kepadatan energi terhadap nutrisi yang paling rendah dibandingkan makanan apa pun dan merupakan sumber berguna dari beberapa nutrisi yang sulit didapat seperti vitamin D dan B12 serta mineral yodium.

Jika Anda memilih merek yang diperkaya dengan asam lemak omega-3, kamu akan mendapatkan manfaat dari asam lemak omega-3 yang lebih tinggi serta vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A dan E.

2. Sumber protein lengkap

Menjadi 'protein lengkap' berarti telur mengandung sembilan asam amino esensial yang kita perlukan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan perbaikan.

Hal ini penting karena tubuh kita tidak bisa membuat asam amino ini dan harus memperolehnya dari makanan.

Selain itu, protein telur dikenal sangat mudah dicerna, dan mengandung kualitas protein yang lebih unggul dari steak daging sapi dan sejenisnya dengan produk susu.

3. Sumber kolin

Telur adalah salah satu sumber makanan kolin terbaik. Nutrisi yang sedikit dibicarakan ini dibutuhkan oleh kita semua untuk pembentukan membran sel dan fungsi otak, termasuk memori.

Hal ini sangat penting terutama selama kehamilan dan menyusui, ketika pasokan kolin yang cukup sangat penting untuk perkembangan otak normal.

4. Mendukung kesehatan jantung

Telur kaya akan beberapa nutrisi yang meningkatkan kesehatan jantung, termasuk betaine dan kolin.

Sebuah penelitian terhadap hampir setengah juta orang di Tiongkok menunjukkan bahwa makan satu butir telur sehari bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan strok, meskipun para ahli menekankan bahwa telur perlu dikonsumsi sebagai bagian dari gaya hidup sehat agar bisa memberikan manfaat.

5. Mendukung kesehatan mata

Seiring bertambahnya usia, wajar jika penglihatan kita mulai memburuk.

Namun, ada beberapa nutrisi bermanfaat yang diperoleh dari pola makan seimbang, yang bisa membantu melindungi dan mendukung kesehatan mata.

Telur adalah salah satu contohnya: kuning telur mengandung sejumlah besar karoten, khususnya lutein dan zeaxanthin yang penting untuk mencegah degenerasi makula dan katarak.

Telur juga merupakan sumber vitamin A yang penting untuk kesehatan penglihatan.

6. Mencegah sarcopenia

Karena sangat mudah dicerna, protein telur telah terbukti mendukung kesehatan otot dan melindungi dari kehilangan otot, suatu kondisi yang dikenal sebagai sarcopenia.

Otot rangka berperan besar dalam kesehatan secara keseluruhan, menjaga fungsi dan keseimbangan fisik, meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan risiko osteoporosis dan penyakit jantung.

7. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Telur mengandung banyak nutrisi penting, senyawa bioaktif dan protein berkualitas tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa bila dikombinasikan dengan produk susu bisa memodulasi sistem kekebalan tubuh dan berkontribusi terhadap sifat antiinflamasi.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Khasiat Pepaya, Cegah Penyakit Ini Menyerang Pria


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
telur   penyakit   Protein   kolin  

Terpopuler