8 Lokasi Wisata Terpopuler di Madura

Menyibak Kecantikan Pulau Garam

Rabu, 17 Mei 2017 – 12:01 WIB
Panorama Gili Labak yang eksotis. FOTO : Radar Madura

jpnn.com, MADURA - Dengan ciri khas yang ada Pulau Madura seakan menambah kekayaan khazanah Indonesia. Mulai dari gaya bahasa, karakter masyarakat, hingga ragam budaya.

Masuk dalam Provinsi Jawa Timur, Madura memiliki empat kabupaten, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan terakhir di ujung timur adalah Sumenep. Jika selama ini Madura identik dengan makanan khas berupa soto dan sate, tak ada salahnya berpelesir menyibak keindahan Pulau Garam tersebut.

BACA JUGA: Nusron Ajak Warga Madura di DKI Coblos Ahok-Djarot Saja

Karena ternyata, banyak destinasi indah lho di sana.

Jembatan Suramadu

BACA JUGA: XL Target Gaet 1 Juta Pengguna Baru di Madura

Sebagai pembuka, Jembatan Suramadu layak dipilih. Karena sebagai jembatan penghubung sebagaimana singkatannya yaitu Surabaya Madura, jembatan nasional ini adalah jembatan terpanjang di Indonesia. Tak heran karena keindahan struktur bangunannya, jembatan ini menjadi salah satu objek wisata untuk sekadar berfoto.

Pantai Siring Kemuning

BACA JUGA: Ya Ampun, Mbak Evi Menilap Motor Bermodus Indehoi

Memiliki keindahan yang eksotis, pantai ini juga bisa menjadi salah satu tujuan liburan yang romantis di Pulau Madura. Apalagi, saat matahari terbenam, pantai yang terletak di Bangkalan itu makin menunjukkan keelokannya.

Jika mampir ke pantai ini jangan lupa beli oleh-oleh batik yang banyak dijajakan di sekitar sana. Tenang, harganya cukup terjangkau kok.

Pantai Sambilangan

Sekitar 7 km di sebelah selatan Kota Bangkalan, tepatnya di desa sambilangan wisatawan akan menemukan salah satu pantai indah ini. Menariknya, untuk menikmati panorama pantai, pengunjung dapat naik ke atas mercusuar. Dijamin, pemandangan ombak dan hamparan pasir putih nan bersih bakal memanjakan mata.

Pantai Slopeng

Dengan merogoh kocek sebesar lima ribu rupiah saja, kita akan mendapatkan lampu hijau untuk masuk ke pantai yang terletak 21 km dari pusat kota Sumenep. Pantai Slopeng menjadi destinasi favorit berlibur keluarga karena memiliki ombak yang sangat tenang.

Adanya pohon siwalan, kelapa, dan cemara udang yang menghiasi hamparan pasir putih menambah nilai plus tersendiri bagi pantai ini.

Gili Labak

Pecinta olahraga laut seperti snorkeling dan diving, harus datang ke tempat ini. Selain masih asri, bersih, dan belum banyak terjamah, pemandangan bawah lautnya juga indah banget. Airnya yang jernih membuat mata dapat dengan leluasa melihat ikan yang menari di antara batuan karang yang tak kalah eksotis. Laut Gili Labak yang dekat dengan daratan tak begitu dalam. Mungkin hanya sekitar 1,5 – 4 meter saja. Tetapi dari jarak tersebut sudah bisa melihat terumbu karang dan kekayaan laut lainnya. 

Untuk sampai ke sana, wisatawan harus menyeberang dengan perahu selama dua jam dari pelabuhan Kalianget. Kisaran harganya adalah Rp 400 ribu – Rp 800 ribu. Tergantung kepiawaian menawar.

Kota Tua Kalianget

Bagi yang menyukai sejarah, Madura ternyata juga memiliki harta karun berupa bangunan tua. Tepatnya di Kalianget, Sumenep. Dibangun pada masa VOC Belanda, peninggalan bersejarah itu di antaranya kolam renang, gedung pembangkit listrik, dan benteng.

Kesan kokoh dan misterius seolah menambah keasyikan menjelajah tempat tersebut.

Air Terjun Toroan

Tempat cantik selanjutnya adalah air terjun Toroan yang berada di Sampang. Objek wisata ini merupakan salah satu spot terbaik untuk liburan di Madura. Itu tak lepas dari tipologi air terjun yang jatuh langsung ke laut. Beda dengan air terjun kebanyakan yang ada di Pulau Jawa.

Bukit Jaddih

Siapa sangka bekas tambang kapur, ternyata bisa menjadi objek wisata yang baru dan unik. Kawasan yang terletak di Kecamatan Socah, Bangkalan ini hanya berjarak 10 kilometer dari pusat kota.  Tak heran, karena mudah dijangkau dan cukup indah, tempat ini tengah hitz di kalangan travelers. (JPNN/pda)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dek Rema, Rerata Setiap Hari Ada Tambahan 15 Janda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Madura  

Terpopuler