Akbar Sebut HMI Siapkan Mahfud dan Jimly jadi Capres

Senin, 18 November 2013 – 18:38 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Akbar Tandjung mengatakan, HMI tengah menyiapkan kader bangsa di semua level, termasuk untuk calon presiden (capres). Dia mengklaim, sumber daya manusia alumni HMI sangat besar dan tersebar di semua lini.

“Kader yang disiapkan HMI adalah kader pemimpin untuk bangsa dan negara. Bukan untuk kepentingan sekelumit golongan,” kata Akbar Tandjung, dalam pidato kebudayaan "Mempersiapkan Kader Bangsa” di Hotel Gran Melia, Jakarta, Senin (18/11).

BACA JUGA: Akbar Kembali Sarankan Evaluasi Capres Golkar

Lebih lanjut Akbar menyebut dua nama kader HMI yang disiapkan untuk menjadi capres. "Saat ini ada Mahfud MD dan Jimly Asshiddiqie. Tapi HMI tidak akan mengusung satu atau dua nama, karena kader HMI semuanya orang pandai dan sudah dapat menentukan pilihan politiknya dengan baik," ujar mantan Ketua Umum Partai Golkar itu.

Dalam pidato kebudayaannya, Akbar Tandjung menegaskan, menyiapkan kader pemimpin bangsa sangat penting di tengah-tengah upaya mewujudkan kualitas budaya demokrasi.

BACA JUGA: Pemerintah Seharusnya Usir Diplomat Australia

Mantan Ketua DPR RI itu juga mengungkap partai politik yang saat ini tengah mengalami krisis kepercayaan merupakan konsekuensi dari kurang optimalnya partai politik menjalankan fungsi-fungsinya antara lain pembinaan kader.

Oleh karena itu Akbar mengajak publik untuk menjaga basis-basis perkaderan pemimpin bangsa di luar jalur partai politik atau non partai politik.

BACA JUGA: Dorong KPK Jerat Teuku Bagus dengan TPPU

"Dalam konteks inilah, ranah civil society berupa ormas, lembaga swadaya masyarakat dan berbagai asosiasi mandiri dalam masyarakat, menjadi penting dan strategis sebagai lahan penyemai kader-kader bangsa atau kader-kader pemimpin bangsa," terangnya. (fas/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Terima Infaq Rp1 M, Luthfi Beli Mobil Atas Nama Pribadi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler