Ali Masykur Usul Bentuk KPK Tiap Provinsi

Minggu, 27 April 2014 – 15:03 WIB
Peserta Konvensi Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat Ali Masykur Musa memberikan penjelasan pada acara Debat Kenegaraan Capres Konvensi Demokrat Tahap Akhir di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Minggu (27/4). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Peserta Konvensi Capres Partai Demokrat Ali Masykur Musa mengusulkan agar lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dibentuk di seluruh provinsi. Usul ini disampaikannya saat menjawab pertanyaan panel Debat Konvensi Demokrat terkait penggunaan anggaran desa yang digelontorkan oleh pemerintah sebesar Rp 1 miliar.

"Saya usulkan, KPK tidak hanya di pusat, tapi juga di provinsi sehingga uang itu betul-betul untuk rakyat. Bukan untuk belanja pegawai elit di daerahnya saja," ujar Ali dalam debat konvensi di Jakarta, pada Minggu, (27/4).

BACA JUGA: Ingat Ekspresi SBY Kecewa, Dahlan Bertekad Hidupkan Kilang Minyak

Menurut Ali, setiap tahun pemerintah menyiapkan anggaran 600 triliun dan 350 triliun ke daerah. Namun, uang itu tidak sepenuhnya dimanfaatkan dengan baik oleh Pemda. Kepala daerah, kata dia, justru banyak tersangkut kasus korupsi karena menyimpangkan dana-dana tersebut.

"Untuk cegah penyimpangan diharapkan otoritas BPK untuk melakukan pemeriksaan lebih ketat. Tidak bisa tidak, harus lebih ketat. Dengan demikian uang untuk negara betul-betul sampai ke daerah," kata Ali.(flo/jpnn)

BACA JUGA: Sutan: Kalau Mau Bergengsi Ya Poros Baru

BACA JUGA: Islah Dua Kubu PPP Dinilai Sandiwara

BACA ARTIKEL LAINNYA... Debat Depan SBY, Dino Kritik Pemda Persulit Investor


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler