Alokasi APBD Harus Sesuai RPJM Nasional

Selasa, 28 September 2010 – 17:17 WIB

JAKARTA — Menteri Keuangan Agus Martowardojo meminta pemerintah daerah (Pemda) untuk terus memperbaiki kinerja keuangan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)Selain daya serap yang harus dievaluasi, Menkeu juga meminta Pemda bisa tepat sasaran dalam mengalokasikan anggaran.

Ditemui wartawan di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (28/9), Agus mengatakan, alokasi anggaran yang tepat akan berdampak riil pada tingkat kesejahteraan, mengurangi kesenjangan ekonomi

BACA JUGA: TDL Tak Naik, Anggaran Kementerian Terancam Dipangkas

Serta menurunkan tingkat pengangguran di tengah masyarakat
"Tapi kita melihat tata kelola anggaran di daerah masih harus diperbaiki

BACA JUGA: Menkeu: APBN Terancam Bila TDL Tak Naik

Dari 503 Pemda, hanya 13 Pemda yang laporan keuangannya Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)
Saya mencermati, harus ada komitmen bersama antara pemerintah pusat dan pemda agar desentralisasi fiskal berjalan baik," tegas Agus.

Apalagi, kata Agus, setiap tahunnya alokasi anggaran dari pusat ke daerah terus mengalami peningkatan

BACA JUGA: Devisa Dari TKI RI Tembus USD 3,3 M

Kalau alokasi anggaran yang besar ini tidak tepat sasaran, lanjutnya, maka akan ada banyak hal yang harus dievaluasi kembali oleh Pemda.

"Sekarang (transfer pusta ke daerah) sudah di atas Rp300 triliunDengan sebesar itu, maka tata kelola keuangan di daerah juga harus baikAnggaran yang ada, harus untuk yang prioritasIdealnya harus selaras dengan RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) 2010-2014 secara nasional," tegas Agus.

Lebih lanjut Agus memaparkan, berdasarkan laporan keuangan di daerah yang direkap pemerintah, banyak alokasi anggaran di daerah yang masih belum terserap secara maksimal dan tepat sasaran.

"Karena itu ke depan tentu perlu disiapkan satu komitmen bersamaAntara pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi DPRD dan juga masyarakat, NGO hingga media untuk mengawasi semua alokasi anggaran ituApakah sudah digunakan dengan baik atau belumKunci utamanya adalah komitmen lebih baik itu harus sama," kata Agus.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 60 Juta UMKM Belum Tersentuh Perbankan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler