Alterina Hofan, Pengidap Kelainan Genetik yang Dituduh Palsukan Identitas

Penis Muncul ketika Usia Lima Tahun

Sabtu, 08 Mei 2010 – 07:37 WIB
SEKITAR  sepekan belakangan, nama Alterina Hofan menjadi perbincangan berbagai mediaPria pengidap kelainan genetik itu dituduh mertuanya memalsukan data jenis kelamin, lalu ditahan

BACA JUGA: Menyaksikan Pemilu di Inggris yang tanpa Ingar-bingar Kampanye

Penjara pria maupun wanita sama-sama menolak kehadirannya.
 
---------------------------------------------
ZULHAM MUBARAK, Jakarta
---------------------------------------------
 
KUMIS dan cambang tipis menghiasi wajah Alterina Hofan
Mengenakan baju lengan pendek merah, pria 32 tahun itu sama sekali tak tampak seperti perempuan

BACA JUGA: Luc Heymans, Komandan Perburuan Harta Karun Laut Cirebon

"Apa kabar? Kalau kabar saya, ya Anda bisa lihat sendiri," katanya dengan suara berat saat ditemui di Rutan Khusus Wanita Pondok Bambu, Senin lalu.

Jane Deviyanti, istrinya yang datang menjenguk, langsung memeluk Alter dan bersandar di bahu suaminya dengan manja
Pria kelahiran Jayapura itu harus menginap di penjara gara-gara laporan mertuanya, Maria Grace, yang juga ibu Jane.

Dia dituduh memalsukan data

BACA JUGA: dr Phaidon L Toruan, Tingkatkan Nutrisi Siswa IFA dengan Menu Tradisional

Sebab, dalam akta kelahiran, Alter tertulis berjenis kelamin perempuanMaria yang kenal Alter sejak 2004 juga mengenalnya sebagai perempuanTanpa tahu prosesnya, Maria tahu-tahu Alter sudah menikahi putrinya di Las Vegas, AS, 9 September 2008Jane memang lama tinggal di kota judi itu.

Tentu saja dalam akta nikahnya tertulis Alter sebagai priaMaria tak bisa menerima perkawinan yang dianggap sejenis tersebutAlumnus Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) itu pun dilaporkan ke polisi.

Sejak 30 April lalu, pria kelahiran 1 November 1977 tersebut dititipkan di Rutan Khusus Wanita Pondok BambuRutan itu sebelumnya menolak menampung karena secara fisik Alter adalah seorang priaAkhirnya, petugas menempatkan dia di poliklinikSebelumnya, Rutan Cipinang juga tidak mau menerima karena identitas jenis kelamin Alter tercatat sebagai perempuan.

Pria gemuk itu dituduh melanggar pasal 266 KUHP tentang pemalsuan identitas dalam akta kelahiran otentik juncto pasal 263 KUHP dan pasal 378 KUHP tentang penipuan

Namun, Alter membantah semua tuduhan tersebutLaki-laki yang akrab disapa Bang Al itu menegaskan bahwa dirinya pria tulen"Saya punya penis dan bisa ejakulasi," tegasnya tanpa sungkanHubungannya dengan Jane diakui tak berbeda dari pasangan suami istri lain"Maaf sebelumnya, saya punya spermaApa lagi yang harus disangkal? Kalau tidak percaya, tanya sama istri saya ini," ujarnya.

Alter menceritakan, ketika lahir, orang tuanya tidak menyadari bahwa dirinya punya kelainan genetikaKarena secara fisik organ vitalnya terlihat seperti perempuan, Alter pun dicatatkan sebagai perempuan"Namun, ketika berusia lima tahun, saya punya penisSaya ingat betul itu," paparnya.

Dalam dunia kedokteran, kelainan genetik yang dialami Alter itu disebut sindrom KlinefelterYakni, terlahir dengan gen kromosom XXY (dua kromosom perempuan dan satu laki-laki)Bagi pengidap sindrom itu, ketika bayi, tidak tampak tanda-tanda kelaki-lakiannyaNamun, dalam pertumbuhannya --sebagaimana dialami Alter--, penisnya tumbuh.

Secara statistik, satu di antara 1.000 pria berkemungkinan mengalami sindrom yang ditemukan Dr Klinefelter dari Boston, AS, tersebutAlter baru mengubah identitasnya sebagai laki-laki pada sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jayapura pada Februari lalu.

Pengacara Alter, Ibnu Siena Bantayan, mengungkapkan, keluarga telah menunjukkan bukti-bukti otentik berupa hasil tes laboratorium dan forensik tentang jenis kelamin AlterData itu didukung bukti perubahan akta kelahiran Alter dari perempuan menjadi laki-laki"Selain itu, ada persetujuan orang tua serta dua saksi yang membenarkan tumbuhnya kelamin pria pada Alter sejak masih kecil," ungkapnya.

Pedagang emas dan perhiasan itu menyatakan siap menempuh cara apa pun untuk membuktikan bahwa dirinya laki-lakiDia menduga ada motif lain dari orang tua Jane yang berupaya memisahkan dirinya dari istrinya di balik pemidanaan tersebut"Apa saya perlu ditelanjangi untuk membuktikan bahwa saya laki-laki sejati," tegasnya.

Alter lantas menunjukkan hasil pemeriksaan forensik yang dilakukan sesuai permintaan penyidik Polda Metro JayaDalam pemeriksaan oleh ahli forensik dr Munim Idris bernomor 1145/TU.FK/X/2009 tertanggal 20 Oktober 2009, Alter dinyatakan sebagai laki-lakiBahkan, dokter Munim menyebutkan bahwa Alter terlahir sebagai laki-laki.

Dia mengakui, ketika remaja, kelenjar payudaranya memang munculKarena dirasa mengganggu, dia melakukan operasi rekonstruksi payudara (masektomi) di Kanada pada 2006Setelah itu, Alter memproses perubahan identitasnya.

Perubahan data jenis kelamin itulah yang dilaporkan Maria Grace ke Polda Metro sebagai pemalsuan identitasDasarnya, dokumen terbaru "KTP dan kartu keluarga (KK)" dari Kelurahan Pondok Pinang, tempat tinggal Alter, menyebutkan Alter berjenis kelamin laki-laki

Dalam laporan bernomor LP 2907/K/X/2009/SPK Unit I itu juga disebutkan bahwa Jane -yang tunarungu- merupakan korbanAlter memalsukan identitasnya agar bisa menikahi Jane

Namun, Jane membantah keras tuduhan tersebutDia bahkan berkali-kali pasang badan agar suaminya tidak dipenjaraAlter, kata Jane lewat pengacaranya, tidak hanya membantu dirinya secara mental, namun juga secara fisik"Bang Al memahami banyak hal yang tidak dipahami orang lainSaya tidak rela dia ditahan," katanya secara tertulis.

Rabu lalu, Jane mendatangi kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk melaporkan kriminalisasi terhadap sang suamiDia menyatakan tak gentar dan akan terus berusaha agar suaminya terbebas dari jerat hukum.

Jane tidak pernah ragu sedikit pun bahwa Alter adalah priaDia juga mengaku puas menikmati hubungan intim dengan AlterKarena itu, kalau yang dipersoalkan di pengadilan nanti seputar jenis kelamin, dia merasa tidak ada yang layak dipersoalkan

Tentang tuduhan Alter mengincar harta keluarganya? Jane sontak membantahPernikahannya dengan Alter jauh dari motif ekonomi karena suaminya adalah seorang pengusaha yang secara ekonomi berkecukupan"Tidak ada persyaratan apa pun dalam pernikahan iniKami hanya ingin tua bersama dan bahagia sampai akhir masa," tegas Jane(*/c5/cfu)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perampokan Berdarah di Cirebon, Gaji Guru Satu Kecamatan Amblas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler