Anas - Andi Melenggang ke Riau 1

Selasa, 21 Januari 2014 – 00:24 WIB

jpnn.com - JAKARTA -Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Riau terpilih, Anas Ma'amun dan Arsyad Juliandi Rachman melenggang ke kursi Riau-1 karena Mahkamah Konstitusi menolak gugatan yang diajukan pasangan Herman Abdullah-Agus Hidayat.

Pada sidang putusan perkara No. 189/PHPU.D.XI/2013 di Mahkamah Konstitusi kemarin, Ketua Majelis Hakim Hamdan Zoelva, menyatakan menolak semua pokok permohonan pasangan Herman - Agus, karena tidak satupun dalil dan bukti yang diajukan tidak punya dasar hukum yang kuat.

BACA JUGA: Gelombang Laut 3,5 Meter Ancam Raja Ampat

"Pokok permohonan Pemohon tidak terbukti menurut hukum. Mengadili, Menyatakan menolak permohonan Pemohon untuk seluruhnya," kata Hamdan Zoelva, saat membacakna amar putusan Mahkamah Konstitusi, Senin (20/1).

Dalam pertimbangannya, Mahkamah berpendapat dalil Pemohon yang menyatakan adanya pelanggaran secara terstruktur, sistematis, dan masif, tidak bisa dibuktikan dan tidak beralasan secara hukum.

BACA JUGA: Subsidi Rp 300 Ribu untuk Perceraian Orang Miskin

Berdasarkan fakta persidangan tersebut, Mahkamah tidak menemukan rangkaian bukti dan fakta bahwa hal yang didalilkan Pemohon tersebut dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan masif sehingga berpengaruh secara signifikan terhadap perolehan suara.

"Oleh karena itu, menurut Mahkamah, dalil Pemohon tersebut tidak beralasan menurut hukum," ujar Hakim Muhammad Alim.

BACA JUGA: Tolong Teman, Mahasiswa Malah Hilang Ditelan Ombak

Sidang putusan tersebut kemarin berlangsung dalam suasana tenang. Sejumlah pejabat Riau juga terlihat menghadiri sidang di antaranya Ketua DPRD Riau Djohar Firdaus, Kepala Bappeda Riau Ramli Walid, Plh Kaban Kantor Pehubung Pemprov Riau di Jakarta, Dony Aprialdi.

Usai sengketa Pilkada Riau diputus Mahkamah, Arsyad Juliandi Rachman yang duduk di barisan meja Pihak Terkait terlihat senyum dan tak lama kemudian dia meninggalkan ruang sidang menemui para pendukung di luar ruang sidang.

Andi -sapaan akrab Arsyad Juliandi-, meski tidak merayakan kemenangan itu dengan meluap-luap, namun dia tak berhenti tersenyum seakan berusaha menahan luapan kegembiraannya atas kemenangan tersebut.

Pasangan H Annas - Arsyad Juliandi Rachman yang terpilih sebagai gubernur Riau periode 2013-2018 dalma dua putaran, berhasil memperoleh suara terbanyak, 1.322.327 suara atau 60,75 persen.  Sementara saingannya Herman Abdullah - Agus Widayat yang diusung Partai Gerindra dan 11 partai koalisi memperoleh 854.240 suara atau 39,25 persen. (fat)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Status Facebook Pacu Angka Perceraian di Probolinggo


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler