Angkatan Muda Kristen Kecam Lomba Karikatur Nabi Muhammad

Jumat, 08 Mei 2015 – 01:02 WIB
Michael Wattimena. Foto: ist.

jpnn.com - JAKARTA  - Ketua Umum Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Michael Wattimena menyesalkan lomba karikatur Nabi Muhammad SAW yang digelar di Garland, Texas, Amerika Serikat. 

"Seharusnya, lomba karikatur Nabi Muhammad tidak terjadi, hingga berbuntut aksi penembakan dan menewaskan dua orang itu," kata Michael Wattimena, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (7/5).

BACA JUGA: Menteri Rini Gelisah dengan Wacana yang Dilempar Mendagri

Lomba yang digelar American Freedom Defense Initiative (AFDI) dengan iming-iming hadiah sekitar US$10 ribu atau sekitar Rp130 juta itu ujarnya, tidak mencerminkan rasa toleransi antar umat beragama, terutama terhadap umat islam.

"Kami menilainya sangat melukai perasaan umat Islam di dunia," kata politikus Partai Demokrat ini.

BACA JUGA: Menteri Marwan Seleksi Komoditi Unggulan Daerah Tertinggal

Nabi Muhammad lanjutnya, tidak boleh digambarkan dengan cara apapun. "Seharusnya lomba tersebut tidak terlaksana, karena sangat menganggu kerukunan dalam beragama tidak menghormati sesama umat," ujar Michael.

Wakil Ketua Komisi V ini juga menilai panitia penyelengara dianggap telah memprovokasi dan tidak menghormati nilai-nilai yang diyakini umat Islam. Ia juga menilai kebebasan berekspresi yang dilakukan panitia telah kebablasan dan tidak menunjukan kedewasaan.

BACA JUGA: Merasa Bersih, Sutan Tak Akan Minta Bantuan Jokowi

"Sah-sah saja bilamana ingin berekspresi, namun terlebih dahulu lihat batasan-batasannya. Tidak seperti saat ini menyelenggarakan pameran karikatur Nabi Muhammad Terpenting kita harus menjaga sesama umat, tidak menyingung keyakinan agama tertentu," pungkasnya. (fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Formappi Sarankan DPR Hentikan Revisi UU Parpol


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler