Ani Yudhoyono Sempat Malu Berbatik

Pameran Batik Ikutkan 22 Koleksi Ibunda Obama

Selasa, 17 November 2009 – 13:55 WIB
PAMERAN - Ani Yudhoyono saat melihat-lihat kain batik yang dipamerkan dalam pameran batik di Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (17/11). Foto: Nicha/JPNN.
JAKARTA - Ibu negara Ani Yudhoyono ternyata sempat malu mengenakan batikPemilik nama Kristiani Herawati itu mengaku bahwa dirinya sempat malu mengenakan kebaya dan kain batik di setiap acara keluarga

BACA JUGA: Dukungan Hak Angket Tembus 201

Tapi itu saat Ani Yudhoyono masih kecil


"Saya sempat malu ketika diminta ayah saya untuk mengenakan batik setiap acara sungkeman dan pernikahan keluarga," ujarnya di sela acara pembukaan pameran batik bertemakan Heritage of Indonesia's Batik di Grand Indonesia, Selasa (17/11).

Menurut Ani, mengenakan kain batik pada saat itu adalah suatu hal yang sangat berlebihan baginya

BACA JUGA: Ibukota Siaga Banjir Besar

"Waktu itu, saya merasa mengenakan kain batik dan kebaya ini sangat berlebihan
Seharusnya yang biasa saja

BACA JUGA: Polisi Dituding Lindungi Anggodo

Kan usia saya masih kecilSeharusnya memakai pakaian yang lucu-lucu," tuturnya.

"Tapi saat ini, ternyata saya baru menyadari bahwa kain batik memang memiliki nilai tesendiri," ujar Ani seraya menambahkan bahwa ayahnya dulu kerap kali memuji ibunya ataupun anak gadis yang mengenakan batik.

"Ayah saya selalu bilang kalau kami ini cantik sekali dan terlihat anggun bila mengenakan batik," ucapnya sembari  tertawaMenteri Perdagangan Mari Elka Pangestu Menbudpar Jero Wacik yang mendampingi Ani Yudhoyono pun ikut tertawa.

Dalam pameran batik yang bertajuk "The Essays: A Collection of Love Stories" (Tuturan Batik: Bunga Rampai Kisah Kasih) ini, juga turut menampilkan sebanyak 22 batik koleksi almarhumah Ann Dunham - ibunda Presiden AS Barack Obama yang tinggal di Indonesia sepanjang 1967-1971.

Menurut catatan milik Maya Soetoro, adik Presiden AS Barack Obama, Madam Ann memang sangat tertarik mempelajari batik dan kehidupannyaBahkan katanya, ke-22 helai kain batik yang ditampilkan di pameran ini pun, banyak yang menyimpan kenangan dan kisah kasih.

Di luar itu, dalam pameran batik kali ini setidaknya turut ditampilkan sebanyak 71 kain batik berbagai ragamTermasuk di antaranya koleksi milik sesepuh batik Indonesia, Go Tek Swan, Danar Hadi, serta dari Yayasan Batik Indonesia(cha/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ary Muladi Kembali Penuhi Panggilan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler