Arie Sumarno Ngaku Berprestasi !

Jumat, 30 Januari 2009 – 10:36 WIB
JAKARTA - Meski pada pekan depan bakal dicopot sebagai Direktur Utama Pertamina, Ari Sumarno tampaknya masih tenang-tenang sajaDia malah hadir sebagai pembicara utama pada diskusi bertema 'Transformasi di Pertamina' yang digelar di gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Jumat (30/1)

BACA JUGA: Demokrat Sebut Mega Panik

Forum ini dijadikan ajang untuk membeberkan sederat prestasi yang telah dia raih sejak menjabat sebagai Dirut pada Maret 2006.

Ari menjelaskan, proses transformasi di tubuh Pertamina bukan proses semudah membalik telapak tangan
Bukan hal yang mudah untuk mengubah Pertamina sebagai sekedar regulator, administrator dan distributor minyak, menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang harus mencari untung karena perubahannya menjadi PT Persero.

"Selain harus menyentuh transformasi aspek pola pikir SDM, juga harus mengubah pola bisnis," ucapnya di diskusi tersebut

BACA JUGA: SBY Warning Petinggi TNI-Polri

Sebagai perusahaan yang harus mencari untung, katanya, itu pun sudah berhasil
Disebutkan, keuntungan bersih Pertamina pada 2005 sebesar Rp16 triliun, pada 2006 menjadi Rp19 triliun, lantas melonjak lagi menjadi Rp24 triliun pada 2007, dan naik lagi pada 2008 mencapai Rp30 triliun.

Padahal, pada 2008, target keuntungan hanya Rp24,5 triliun

BACA JUGA: Pabrik Sabu Berkedok Warnet

Angka pelampauan target sebesar Rp5,5 triliun itu, yang Rp2,1 triliun merupakan hasil efisiensi dari berbagai aspek.

Di tingkat operasional, lanjut mantan Direktur Tata Niaga Pertamina itu, dari sebelum dia menjadi Dirut ada 3400 SPBU, saat ini sudah ada 4200 SPBU"Dan semua SPBU cantik-cantik, selalu ada sapaan selamat pagi, siang, atau pun malamDulu tak ada itu," ucapnyaDi tingkat produksi, juga ada peningkatan dari 100 ribu barel per hari menjadi 146 ribu barrel per hari. (sam/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kejagung Resmi Tutup Kasus VLCC


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler