Arisan Mapan Bangkitkan Perekonomian Masyarakat

Kamis, 11 April 2019 – 14:10 WIB
Arisan Mapan yang dibentuk pada 2009 telah memiliki jaringan terbesar di Jawa dan Bali. Foto: Arisan Mapan

jpnn.com, JAKARTA - Arisan Mapan yang dibentuk pada 2009 telah memiliki jaringan terbesar di Jawa dan Bali.

Tercatat ada 200 ribu ketua arisan sebagai sosok kartini juara masa kini yang terus mengembangkan diri dan membantu sesama.

BACA JUGA: Sahroni Imbau Pengurus RW Aktif Memajukan Perekonomian

Mapan pun membagikan 21 cerita inspiratif para ketua arisan melalui program 1 hari 1 cerita hingga 30 April 2019.

Nantinya  ada 21 sosok ketua arisan Mapan yang terpilih mewakili sosok Kartini juara masa kini bagi komunitas sekitar.

BACA JUGA: Gelapkan Uang Arisan, Duta Kemenpora Dilaporkan ke Polisi

CEO Mapan Hendra Tjanaka mengatakan, mayoritas ketua arisan merupakan para perempuan yang datang dari berbagai latar belakang dengan prinsip gotong royong.

Figur ketua arisan Mapan pun patut diakui sebagai sosok Kartini era masa kini yang turut andil dalam mandiri mengatur keuangan keluarga, memenuhi kebutuhan, hingga mewujudkan impian sesama.

BACA JUGA: Seperti ini Prediksi Kadin Jakarta Melihat Perekonomian 2019

Sebagai wujud emansipasi wanita yang modern, para perempuan mandiri ini memiliki pemikiran yang sama dengan sosok Kartini, yaitu ingin menjadi lebih maju dan produktif.

“Sosok ketua Arisan memegang peranan penting dalam memberikan inspirasi dan mendorong pertumbuhan komunitas arisan Mapan,” kata Hendra, Kamis (11/4).

Oleh karena itu, pihaknya terus berkomitmen untuk memberikan lebih banyak kesempatan bagi ketua arisan dalam mengembangkan dirinya dan juga jaringannya.

“Pada bulan kelahiran Kartini ini, kami pun ingin memberikan apresiasi terhadap ketua arisan Mapan yang telah menjadi sosok Kartini masa kini bagi lingkungannya,” kata Hendra.

Dia percaya 21 sosok inspiratif itu bisa menjadi perwakilan dari 200 ribu figur ketua arisan lainnya yang memperlihatkan peranan penting dalam mewujudkan impian keluarga Indonesia.

Hingga kini, tercatat telah ada 200 ribu ketua arisan yang telah membantu mengembangkan komunitas serta memberikan dampak positif kepada lebih dari 2,5 juta keluarga Indonesia.

Adapun tiga ketua arisan Mapan yang juga menjadi salah satu Kartini juara terpilih menjadi bagian dari mitra juara Go-Jek 2019.

Itu merupakan ajang apresiasi dari Go-Jek terhadap mitra yang telah berprestasi dan menginspirasi dalam dunia digital ekonomi.

Ketua arisan asal Depok Risyanti Dewi yang terpilih menjadi salah satu mitra juara Go-Jek telah membantu mewujudkan impian lebih dari 300 anggotanya sejak 2016.

Selama perjalanan hampir tiga tahun ini, lingkungan sekitar tempat tinggal Dewi telah menjelma menjadi kampung Mapan.

Hampir semua rumah di sekitarnya telah terisi dengan alat-alat kebutuhan yang diperoleh dari arisan Mapan. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PKS: Kami Tak Benci Jokowi, Tapi Lingkungannya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler