Asisten Wasit Tambahan Dipersoalkan

Kamis, 25 November 2010 – 13:54 WIB
LAGA - Pemain Sporting Braga, Matheus Nascimento (kanan), saat berebut bola dengan Emmanuel Eboue dari Arsenal. Foto: Reuters.
LONDON - Wasit biasanya kerap menjadi kambing hitam kekalahanItu pula yang dilakukan Arsenal seiring kekalahan dari Sporting Braga

BACA JUGA: Anna Siap Dukung Chris John

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, menuding dua gol yang bersarang ke gawang timnya tak lepas dari kesalahan asisten wasit di belakang gawang.

Asisten wasit di belakang gawang atau biasa disebut asisten tambahan itu sebenarnya merupakan inovasi atau baru diterapkan di Liga Champions musim ini
Tujuannya adalah membuat pertandingan lebih fair

BACA JUGA: AFC Pilih Pemain Terbaik Asia 2010

Sebab, selama ini, area di kotak penalti sulit di-cover ketiga wasit yang sudah ada.

Tapi, Wenger menganggap keberadaan asisten tambahan tidak ada fungsinya dalam kekalahan timnya lawan Braga
Gara-garanya adalah dua gol Braga lahir ketika Arsenal 'dipaksa' bermain dengan 10 orang

BACA JUGA: Wenger Gambling, Fabregas Cedera

Arsenal bukannya kehilangan pemain karena kartu merah, melainkan karena pemainnya cedera sementara jatah pergantian pemain sudah habis.

Hal itu berawal ketika Emmanuel Eboue terjatuh di kotak penalti BragaNamun, wasit Viktor Kassai asal Hungaria tidak menyatakan adanya pelanggaran, sehingga permainan tetap jalanNah, kesempatan itulah yang dimanfaatkan Braga untuk mencetak gol pertamanya pada menit ke-83 melalui serangan balik.

Berhubung Eboue tidak bisa melanjutkan pertandingan, Arsenal pun harus bermain dengan 10 pemain di tujuh menit terakhir, sehingga Braga kembali menambah gol di masa injury time"Emmanuel Eboue terjatuh dan permainan tetap jalanApa sih yang dilakukan asisten tambahan? Bagaimana bisa mereka membuat segalanya lebih mudah dengan cara seperti itu?," protes Wenger kepada BBC.

Wenger juga mengeluhkan wasit yang tidak memberikan hadiah penalti ketika Carlos Vela dilanggar di kotak 16 pada menit ke-77Vela bahkan dikenai kartu kuning, karena dianggap diving"Saya tidak mengerti, kenapa kami tidak mendapat penaltiLima pengadil lapangan sama sekali bukan solusi, dan beberapa keputusan penuh misteri," ungkapnya.

"Saya pikir, insiden itu menjadi titik balik pertandingan, karena setelah itu kami seperti kehilangan konsentrasi dan determinasi," ungkap Wenger lagi(dns)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nadal Tampak Masih Kesulitan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler