Askes Tetap Kelola Jamkesmas

Jumat, 29 Januari 2010 – 17:11 WIB

JAKARTA--Kementerian Kesehatan tetap menyertakan PT Askes dalam pengelolaan jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas)"Jamkesmas 2010 tetap dikelola Kementerian Kesehatan dengan menyertakan Askes sebagaimana yang dilaksanakan pada 2008 dan 2009," kata Jubir Kementerian Kesehatan Lilis Sulistiyowati, Jumat (29/1).

Mengenai kelanjutan program jamkesmas, lanjutnya, sekarang ini fokusnya ke fakir miskin dan tidak mampu

BACA JUGA: Dokter Specialis Ada di Perbatasan

Nantinya, secara bertahap kepesertaannya akan ditingkatkan ke seluruh penduduk sebagaimana diamanatkan dalam UU No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

"Sebagai suatu bentuk jaminan sosial yang mencakup seluruh penduduk, selayaknya masyarakat yang tidak masuk dalam fakir miskin dan tidak mampu ,diwajibkan masuk dalam sistem ini agar ada kontribusi iuran peserta," tuturnya
Ditambahkannya, pemerintah saat ini tengah menyiapkan diri dalam menyambut kepesertaan bagi seluruh penduduk dan di bawah koordinasi Kementerian Kesejahteraan Rakyat telah membuat roadmap jaminan kesehatan bagi universal coverage tahun 2014 yang telah mendapatkan dukungan dari sektor-sektor terkait.

"Melalui program jamkesmas diharapkan adanya percepatan penurunan angka kematian ibu, bayi, dan balita serta mendorong peningkatan umur harapan hidup penduduk Indenesia," pungkasnya

BACA JUGA: UU Larang Rumah Sakit Minta Uang Muka

BACA JUGA: Korban Gempa Gratis Urus IMB

(esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lagi, TKI Meninggal di Singapura


Redaktur : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler