ASN Diminta Bersiap Menjalani Digitalisasi Layanan Publik

Kamis, 20 Juli 2023 – 16:55 WIB
Kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan yang diselenggarakan di Kota Medan. Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengajak para Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Sumatera Utara untuk meningkatkan kompetensi digital.

Mereka juga diminta  bersiap menjalani digitalisasi layanan publik.

BACA JUGA: Kemendikbudristek & KSP Bahas soal Literasi di Papua

Permintaan tersebut disampaikan Direktur Pemberdayaan Informatika, Boni Pudjianto pada kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan yang diselenggarakan di Kota Medan, baru-baru ini.

“ASN harus mengenal, mengadopsi teknologi digital agar bisa meningkatkan kualitas pelayanan di sektor publik,” ucap Boni dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis (20/7).

BACA JUGA: GNI dan Hyundai Motor Fasilitasi Kesadaran Literasi di Bojongmangu

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Arief Sudarto Trinugroho turut menekankan tentang pentingnya literasi digital bagi ASN untuk memahami perubahan zaman ke era digital yang lebih dinamis.

ASN harus sangat akrab dengan digitalisasi, karena perubahan di dunia demikian cepat untuk teknologi informasi dan komunikasi, sambung Arief.

BACA JUGA: 34 Juta Data Paspor Indonesia Bocor, Kemenkominfo: Hasil Sementara, Ada Perbedaan

Kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan untuk ASN Provinsi Sumut dilaksanakan secara luring dan daring dengan dibagi 8 batch.

Peserta kegiatan diberikan materi mengenai empat pilar literasi digital, yaitu kecakapan digital, keamanan digital, budaya digital, dan etika digital, di mana masing-masing materi dibawakan oleh narasumber yang ahli di bidangnya.

Anggota Dewan Pengawas Ikatan Auditor Sistem Informasi Indonesia Hari Singgih Nugroho, dalam sesi penyampaian materinya menyatakan bahwa selain meningkatkan efisiensi pekerjaan, teknologi digital juga mengubah budaya kerja ASN.

Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kompetensi sebagai ASN.

“Dengan adanya efisiensi pekerjaan (oleh teknologi digital), bukan berarti pekerjaan ASN berkurang, tetapi bertambah pekerjaan-pekerjaan lain yang harus dikerjakan," terangnya. 

Dia menambahkan kompetensi ASN harus ditingkatkan untuk melakukan pekerjaan itu.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya literasi digital di sektor pemerintahan dalam rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo. 

Program Indonesia Makin Cakap Digital bertujuan memberikan literasi tentang teknologi digital kepada 50 juta masyarakat Indonesia hingga tahun 2024. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Literasi Digital Menangkal Hoaks di Masa-Masa Tahun Politik 


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler