Balapan Terhenti Hujan, Button Juara Lagi

Minggu, 05 April 2009 – 20:31 WIB
BERTAHAN - Tim Ferrari saat bertahan di lintasan di bawah guyuran hujan deras, sambil coba melindungi salah satu mobilnya, menunggu kepastian status balapan dari otoritas panitia. Foto: Getty Images.
KUALA LUMPUR - Akibat cuaca buruk, tepatnya hujan deras yang ditingkahi petir, akhirnya balapan F1 seri kedua tahun ini, yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (5/4) sore, dihentikan oleh otoritas panitiaJenson Button (tim Brawn GP) yang sedang berada di posisi terdepan pun akhirnya kembali berdiri di podium juara.

Sebagaimana diberitakan USA Today, bendera merah (tanda dihentikannya balapan, Red) tepatnya dikibarkan pada putaran (lap) ke-32 dari 56 lap yang mestinya ditempuh

BACA JUGA: Ferrari, Williams, Brawn dan Red Bull Bersaing

Akibatnya, hasil terakhir yang dicatat pun harus balik ke putaran sebelumnya yaitu putaran ke-31.

Dengan penghentian ini pula, yang sempat membuat semua orang - termasuk tim yang berlomba standby di bawah guyuran hujan - menunggu keputusan selama sekitar 50 menit, nilai yang diberikan kepada para pembalap hanya setengah
Ini dikarenakan berdasarkan peraturan F1, putaran yang berhasil diselesaikan tidak mencapai 75 persen dari total lap seharusnya.

USA Today juga mencatat, bahwa penghentian balapan karena keadaan cuaca ini tergolong tidak sering terjadi

BACA JUGA: 14 Tim Asing Ikuti Tour de Singkarak

Terakhir, balapan F1 yang sempat dihentikan seperti ini adalah di GP Brasil, pada tahun 2003 lalu.

"Biasanya jika hujan airnya langsung turun, tapi tidak demikian awalnya di sini hari ini
Makanya pemilihan ban (pun) jadi sangat sulit

BACA JUGA: MU Bawa Skuad Utama ke Jakarta

Ini benar-benar balapan yang menarikSaya masih belum pernah melihat bendera finish tahun ini tanpa safety car memandu di depan," ungkap Button yang pekan lalu juga menang di GP Australia, seperti dikutip BBC Sport.

Komentar pembalap Williams-Toyota, Nico Rosberg, pun kurang lebih sama"Saya mencoba melaju dengan kecepatan (hanya) 30 km per jam dengan ban (tipe) basah, dan saya tetap tak bisa menjaga mobil berada di lintasanItu benar-benar gila," komentarnya.

Sementara itu, sejumlah pembalap agak ragu-ragu dengan posisi mereka, lantaran masih berada di pertengahan balapanLewis Hamilton dari Mclaren-Mercedes misalnya, sempat mengira dirinya di urutan ke-5, padahal ia sebenarnya berada di posisi ke-7.

"Aku di posisi 5 bukan? Bukankah aku ke-5?" responnya saat ditanya bagaimana perasaannya berada di urutan ke-7Baru setelah rekannya mengkonfirmasi kebenaran posisi itu, ia pun mengumam pendek, "Oh, ke-7 yaAku dengar tadinya aku (di posisi) ke-5."

Selengkapnya, balapan yang sebenarnya cukup ditunggu oleh sejumlah orang khususnya di Malaysia dan beberapa negara tetangga - yang juga banyak datang langsung ke sirkuit - itu, untuk 10 besar tidak memberikan banyak kejutanSelain Button, Nick Heidfeld (BMW Sauber) dan Timo Glock (Toyota) yang berturut-turut di urutan 1-3, ada Jarno Trulli (Toyota), Rubens Barrichello (Brawn GP), Mark Webber (Red Bull-Renalut) dan Hamilton di urutan 4-7.

Di luar itu kemudian, ada Rosberg, Felipe Massa (Ferrari) dan Sebastien Bourdais (Toro Rosso-Ferrari) yang menduduki urutan 8-10Sementara satu andalan lain Ferrari, Kimi Raikkonen, hanya duduk di peringkat ke-14Meski begitu, seperti bisa dilihat di tayangan TV, di saat penantian akan dilanjutkan atau tidaknya perlombaan di sela-sela hujan, si "Iceman" tetap saja santai menikmati es krimnya(ito/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hamilton: McLaren akan Kesulitan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler