Bali Segera Miliki Jalan Tol

Mustafa: Tanpa APBN, Dana dari BUMN

Selasa, 11 Januari 2011 – 10:32 WIB
JAKARTA - Untuk memperlancar transportasi di kawasan pariwisata nomor satu di Indonesia, pemerintah telah memutuskan untuk segera membangun jalan tol dan jembatan di BaliRencananya, pembangunan jalan dan jembatan ini berlokasi di Sarangan, Tanjung Benoa.

Kepada wartawan di Jakarta, Selasa (11/1), Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pembangunan tol dan jembatan ini sudah sangat mendesak

BACA JUGA: Indeks Terus Terkoreksi, Pemerintah Masih Percaya Diri

Mengingat selama ini kemacetan di Bali mulai mengganggu kenyamanan masyarakat dan pengunjung Pulau Dewata.

"Pembangunan ini sebagai jawaban kemacetan yang ada di daerah Bali, terutama menuju airport
Selain kondisi real Bali yang sangat macet, ini juga untuk persiapan menyambut tuan rumah (KTT) APEC 2013," kata Hatta.

Dilanjutkan Hatta, apalagi karena Bali sudah menjadi ikon pariwisata Indonesia

BACA JUGA: Cabe Melambung tak Dihitung Inflasi

Karena itu, kenyamanan transportasi sangat penting, agar tidak mengganggu minat wisatawan asing yang berkunjung ke Bali.

Sementara, Menteri BUMN Mustafa Abu Bakar menjelaskan, jalan tol Sarangan-Nusa Dua di Bali itu akan dibangun dengan panjang 11,5 km
Jalan ini nantinya akan dibangun oleh konsorsium empat BUMN, yakni Jasa Marga, Pelindo III, Angkasa Pura I dan Bali Tourism Development Corporation (BTDC)

BACA JUGA: Kontrak Gas Domestik Mencapai 57 Persen

"Jadi tidak diperlukan dana dari APBN, tapi seluruhnya dari BUMNMemakan dana sekitar Rp 1,4 triliun sampai Rp 1,6 triliun," kata Mustafa.

Pemerintah menargetkan, pembangunan jembatan ini akan selesai pada 2013Bahkan proyek ini diupayakan bisa kelar sebelum digelarnya APEC Summit pada pertengahan tahun 2013.

"Nanti juga sejalan dengan pembangunan Bandara Ngurah Rai yang harus selesai pada Mei 2013Untuk Ngurah Rai, dananya Rp 1,9 triliunSehingga, bandara selesai, akses jalan ke kota dan bandara juga selesaiJadi tamu-tamu yang datang sudah lebih nyaman," ujar Mustafa lagi.

Perencanaan pembangunan jembatan ini sendiri, kata Mustafa, akan dimulai pada tahun ini jugaUntuk akses jalan, nantinya akan sedikit mengorbankan hutan mangrove, serta dibuat jalan tol dengan jalur pintas antara Bandara Ngurah Rai ke Tanjung Benoa dan Sarangan(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Terima Fee, PNS Dikenai Pajak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler