Bangku Kosong Diisi Tengah Semester

Senin, 12 Juli 2010 – 05:41 WIB
BOJONEGORO - Ini harapan bagi sebagian siswa yang masih ingin masuk ke sekolah negeri favoritDinas Pendidikan (Disdik) Bojonegoro tak akan ""mematenkan"" bangku kosong di sekolah-sekolah negeri untuk selamanya.

Bangku-bangku kosong itu nantinya bisa diisi pelajar dari sekolah lain

BACA JUGA: Sekolah Swasta di Pati Kekurangan Murid

Dengan catatan, setelah satu semester berakhir atau setelah murid itu memiliki rapor
Selain itu, antara pelajar dan lokasi sekolahnya berbeda kecamatan, serta level sekolahnya sama

BACA JUGA: Kacau Balau, Desak Pemkot Evaluasi PSB

""Seperti sekolah yang akreditasi A dapat pindah ke akreditasi serupa
Tetapi dengan syarat ada bangku yang kosong," kata Kabid SMP, SMA, dan SMK Disdik Bojonegoro Hanafi.

Meski penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2010/2011 sempat ada tambahan waktu, sejumlah sekolah ini masih kekurangan murid

BACA JUGA: Pilih Swasta Asal Di Kota

""Seperti di SMPN 3 Sumberrejo yang jumlah pagunya tidak ada perubahanSebab sekolah tersebut dengan pagu 160, tetapi yang daftar sekitar 100 murid," jelas Hanafi.

PPDB tahap kedua ditutup 9 Juli laluHanafi menuturkan, untuk saat ini pihak sekolah dilarang menjual bangku kosong kepada calon murid""Biarkan saja bangku tersebut kosong," katanya.

Disdik juga meminta pihak sekolah tetap melakukan proses belajar-mengajar meski masih kekurangan siswa""Tetap kita awasi pelaksanaannya," kata mantan kepala SMAN 1 Tambakrejo iniBerdasarkan data yang dimiliki Hanafi, sedikitnya ada 15 sekolah setingkat SMP, tiga SMA, dan empat SMK negeri yang kekurangan siswaNamun, dia tidak bisa menyebutkan secara detail.

Untuk proses PPDB di lingkup Madrasah Pendidikan Agama Islam (Mapenda) Kementerian Agama, kini tinggal lembaga swasta""Untuk madrasah negeri sudah berakhir, sedangkan swasta berakhir Senin besok (12/7)," kata Kepala Mapenda Kemenag Bojonegoro Munir saat dikonfirmasi secara terpisahMenurut dia, di Mapenda ada lima MA negeri, lima MTs negeri dan tiga MI negeriSelain itu, 29 MA swasta, 95 MTs swasta, dan 131 MI swasta(rij/aj/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pembelian Seragam Tidak Wajib


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler