Banjir, Ribuan Rumah Terendam

Jumat, 23 April 2010 – 08:07 WIB
AMUNTAI- Hujan deras yang terjadi di Amuntai, Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan akhirnya mengakibatkan ribuan rumah warga di Kecamatan Haur Gading terendamBahkan, diperkirakan banjir sudah menenggelamkan 80 persen wilayah kecamatan tersebut

BACA JUGA: Pengibar Bintang Kejora Dituntut 2 Tahun Penjara

Akibatnya, warga kebingunan mencari tempat untuk mengungsi lantaran rendaman air sudah memasuki rumah penduduk yang sebagian besar dalam bentu rumah panggung itu.

Camat haur gading, Tony Fitriyadi mengatakan saat ini warganya sangat membutuhkan makanan dan perlengkapan darurat serta obat-obatan
"Banjir semakin parah, saya berharap tidak ada korban jiwa karena semakin banyak wilayah yang terendam

BACA JUGA: 20 Aktivis Papua Merdeka Diamankan

Warga diminta untuk waspada dengan memilih tinggal ke daerah yang lebih tinggi," kata Tony.

Ia mengakui hingga kini berbagai fasilitas yang dimiliki tidak bisa berfungsi lagi dan anak sekolah hampir semua tidak bisa beraktivitas seperti biasanya, demikian juga tempat ibadah dan jalan penghubung antara Amuntai Kota dan Haur Gading.

”Warga sangat butuh bahan makanan sekarang, hal ini sangat urgent untuk ditangani,” tambahnya


Tak hanya kecamatan Haur Gading yang terendam

BACA JUGA: Gubernur Sumut dan Wakilnya Diminta Rukun

wilayah kecamatan Sungai Pandan dan Alabio yang berdekatan juga mulai tergenangSaat ini, sebagian besar warga memilih mengungsi ke tempat sanak famili yang lebih aman”Saat ini sekurangya  6 desa yang tergenang air,” kata Camat Sungai Pandan, Muliadi.

Disebutkan, tergenangnya sebagian besar wilayah di HSU dan Kota Amuntai ini merupakan kiriman dari kabupaten lainnya yang lebih tinggi, yaitu Balangan dan Tabalong yang sebelumnya juga tergenang dan baru beberapa hari lalu.

”Kami harap agar bantaran sungai dibuatkan siring karena datangya sungai lebih tinggi dari jalan,” ucapnya.(amt/fuz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mendagri Minta Syamsul Lepas Jabatan Pj Wako


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler