Bapepam Proses IPO Indofood CBP

Senin, 23 Agustus 2010 – 06:35 WIB

JAKARTA
- PT Indofood CBP Sukses Makmur akan melakukan penawaran saham umum perdana atau Initial Public Offering (IPO) pada bulan Oktober 2010Guna melancarkan proses tersebut, pihak perseroan telah memasukkan proposal ke Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK).

Rencana anak usaha Indofood Sukses Makmur (INDF) melakukan IPO tersebut telah ramai dibicarakan di lingkungan Bapepam

BACA JUGA: BCA Digugat Pencairan Deposito Rp 231 M

Menurut klaim pengadil pasar modal itu, beberapa waktu lalu pihaknya telah menerima pengajuan resmi rencana IPo perseroan
“Dokumen pengajuan dari perseroan telah kami terima

BACA JUGA: CIMB Persiapkan IPO Borneo

Saat ini kami sedang memprosesnya,” ungkap Anis Baridwan Kepala Biro Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Riil Bapepam-LK di Jakarta belum lama ini.

Dijelaskan Anis, saat ini perseroan tengah fokus melakukan roadshow ke sejumlah Negara
Roadshow tersebut dilakukan guna menawarkan saham perdana kepada investor asing

BACA JUGA: Danamon Cetak Laba Rp 1,43 T

Hanya saja, Anis tidak menyebut Negara masa saja yang menjadi tujuan utama roadshow tersebut“Kami belum bisa disclosed,” elak Fransiscus Welirang Vice President Director PT  Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF).

Meski begitu, perusahaan yang bergerak dalam produksi dan pengolahan bahan makanan ini menargetkan dapat meraup dana hingga USD 400–500 jutaNilai itu akan didapat dari pelepasan minimal 18-20 persen kepemilikan sahamnya ke publikUntuk itu, perseroan telah menunjuk Kim Eng Securities (ZP), Credit Suisse (CS), Deutsche Bank (DB), dan PT Mandiri Sekuritas (KK) selaku penjamin pelaksana emisi (underwriter).

Indofood CBP juga sudah melakukan mini expose pada tanggal 14 Juli 2010, dan berhasil mendapatkan persetujuan untuk mencatatkan sahamnya (listing) dari otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) pada akhir Juli 2010Sebelumnya, manajemen Indofood berencana untuk menggelar IPO anak usahanya itu minimal pada akhir September 2010.

Saat ini, Indofood menguasai 99,99 persen saham PT Indofood CBP Sukses MakmurSementara sisanya 0,01 persen saham dimiliki oleh PT Prima Intipangan SejatiIndofood juga telah menggabungkan empat unit usahanya di bidang mie instan dan bumbu makanan, yaitu PT Indobiskuit Mandiri Makmur, PT Ciptakemas, PT Indosentra Pelangi, dan PT Gizindo Primanusantara ke dalam Indofood CBP.

Selain Indofood CBP Sukses Makmur, Bapepam-LK juga tengah menggodok rencana penawaran umum saham perdana dari PT Harum Energy, PT Minna Padi Investama“Proposal keduanya juga sedang kita bahas, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah bisa selesai,” pungkas Anis(far)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Terus Cetak Rekor Baru


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler