Batam Kekurangan 29 Pos Damkar

Selasa, 11 Oktober 2011 – 00:33 WIB

BATAM - Berdasarkan Rencana Induk Sistem Proteksi Kebakaran (RISPK) Kementerian Pekerjaan Umum, Batam membutuhkan 36 pos pemadam kebakaran (Damkar)Namun saat ini di Batam baru ada tujuh pos Damkar.

"Idealnya Batam punya 36 pos Damkar

BACA JUGA: Provinsi Pulau Sumbawa Masih Lama

Itu berdasarkan kajian dari pusat," kata Kepala Kantor Pemadam Kebakaran Kota Batam, Azman, Senin (10/10).

Azman merinci, dari tujuh pos Damkar yang ada saat ini terdiri dari 2 Pos Damkar milik Pemko Batam, 5 Pos Damkar milik BP Batam dan ditambah 1 Pos Damkar Induk di Panbil, Mukakuning.

Untuk, kata Azman, pada tahun 2012, Kantor Pemadam Kebakaran Pemko Batam akan menganggarkan pembelian mobil pemadam kebakaran sebanyak empat unit


"Penambahan kita lakukan secara bertahap

BACA JUGA: Harimau Sumatera Terkam Petani

Tahun 2022 paling tidak dua unit mobil tanki kapasitas 2.500 liter," kata dia.

Azman juga mengaku, kantor Damkar masih kekurangan personil
Idealnya, minimalnya petugas Damkar sebanyak 150 orang

BACA JUGA: Kaltim Siap Beli Mobil Malaysia

Selama ini, Kantor Damkar pemko Batam banyak mendapatt bantuan dari anggota Satpol PP dan mutasi petugas PBK OB, kata Azman.

Meski jumlah pos Damkar masih jauh dari angka ideal, Azman mengklaim selama ini tidak ada kendala yang berarti dalam penanganan kebakaran di BatamSebab, kata dia, Pemko selalu berkoordinasi dengan BP Batam dalam setiap penanganan kebakaran"Kami juga berbagi wilayah, sehingga penanganan kebakaran dapat dilakukan secara cepat dan tepat," kata Azman.

Untuk diketahui, lima pos Damkar milik BP Batam antara lain di Batuampar, Sagulung, Kabil, Nongsa dan SekupangSedangkan Pos Damkar milik Pemko Batam di Seipanas dan di Tembesi yang baru diresmikan, Senin (10/10) kemarin(par/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Melempem, Gubernur Dinilai Punya Agenda Politik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler