Belum Ada Formasi Bagi CPNS Baru

Rabu, 15 Oktober 2008 – 15:22 WIB
JAKARTA—Para pelamar umum yang akan ikut seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun anggaran 2008 harus bersabarMenyusul belum ditetapkannya formasi CPNS oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

"Saat ini formasi yang sudah ditetapkan baru untuk pusat, sedangkan daerah masih dalam proses penetapan oleh Menpan," tutur Kabag Humas Menpan Gatot Sugiharto, Rabu (15/10).

Dijelaskannya, belum adanya penetapan formasi CPNS di seluruh daerah karena masih dilakukan analisis kebutuhan dan formasi yang lowong

BACA JUGA: Burhanuddin Minta Belas Kasihan

Analisis ini diperketat karena akan disesuaikan dengan kemampuan negara maupun daerah.

"Perlu ketelitian karena nanti ujung-ujungnya ke anggaran juga
Meski daerah mengusulkan sekian belum tentu disetujui semuanya

BACA JUGA: BPK Awasi Penggunaan Dana BOS

Untuk pusat, pelamar yang diterima harus berpendidikan minimal DIII, sedangkan daerah belum bisa disamakan karena disesuaikan dengan kemampuan daerah juga," beber Gatot.

Lebih lanjut dikatakan, untuk penerimaan pegawai 2008 yang dibutuhkan 300 ribu PNS dan ditempatkan di seluruh Indonesia
Jumlah ini terdiri atas dua formasi, yaitu 250 ribu untuk PNS provinsi, kabupaten/kota

BACA JUGA: Mengaku Tersiksa Di Penjara

Sisanya 50 ribu jatah pusat.

Dari 300 ribu PNS yang dibutuhkan ini, 217 ribu dialokasikan untuk pelamar umum dan 83 ribu khusus tenaga honorer baik pusat maupun daerah"Tahun ini tenaga honorer daerah yang akan direkrut jadi PNS sebanyak 66 ribu, 17 ribu untuk honorer pusat," tambah Gatot.

Sementara jumlah tenaga honorer yang sudah masuk data base (TA 2005, red) sebanyak 920.702Sampai saat ini, sisa tenaga honorer yang belum diangkat tinggal 163.565 orang.

"Nantinya tahun ini, tenaga honorer yang akan diselesaikan 83 ribu orangSisanya sebesar 83.565 orang akan diangkan pada 2009," tandas Gatot(esy)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Burhanuddin Beberkan Jasanya di BI


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler