Bendol Punya Segudang Taktik

Minggu, 10 Agustus 2014 – 03:23 WIB

jpnn.com - BANDUNG - Laga Persib Bandung vs Persija Jakarta yang bakal berlangsung di Stadion Utama Bung Karno (SUBK) Minggu (10/8) memiliki kesan tersendiri bagi kapten 'Maung Bandung', Firman Utina.

Pasalnya laga ini akan jadi ajang reuni pemain asal Manado itu dengan sang arsitek 'Macan Kemayoran' Benny Dolo.

BACA JUGA: Bradl Rajai Latihan Bebas Ketiga

Firman mengatakan, Benny merupakan pelatih yang pernah menempa performanya hingga dia menjadi pemain profesional seperti sekarang ini. Tangan dingin pelatih senior itu telah memolesnya, tak terkecuali soal mental bertanding.

Seperti diketahui dalam karir rofesionalnya, di tahun 1999 Firman masuk tim utama Persma (Manado) dan 2001 pindah ke Persita Tangerang. Nah, sejak itulah nama Firman mencuat hingga menjadi pemain langganan Tim Nasional Indonesia.

BACA JUGA: Jelang Laga Persib-Persija, Panglima Viking Meninggal

"Saya akan selalu terima masukan positif dari orang lain. Terutama Benny Dolo karena pertama saya dipegang olehnya. Latihan yang diberikan sangat keras, tidak mengajarkan untuk lemah, dia mengajarkan mental yang keras," kenangnya.

Firman pun mengaku mengenang ucapan Benny Dolo yang menjadi acuannya bermain bola, dimana tugas pelatih hanya membantu dan yang menentukan karir adalah pemain itu sendiri.

BACA JUGA: Madrid Belum Respon Rayuan MU Untuk Di Maria

"Dia bilang saya sudah memberikan jalan buat kamu, kamu sendiri yang harus tahu, kamu sendiri yang bersaing dan bermain di level berikutnya," kenangnya lagi.

Tak hanya Benny, lanjut Firman, pihak yang motivasinya saat meniti jenjang karirnya  di dunia sepak bola didapatnya pula dari pelatih lainnya di setiap dia berlabuh membela sebuah klub.

"Motivasi dan dukungan dari pelatih sangat berarti, seperti Pak Djadjang, dan senior yang ada di Persita dulu seperti Ghiman Nurjaman, Uci Sanusi. Saya sangat berterimakasih kepada mereka," ucapnya.

Sementara itu, Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman memiliki penilaian tersendiri pada kepemimpinan Benny Dolo. Dia menilai pelatih yang sempat menangani timnas Indonesia itu memiliki segudang taktik. Maka, dia memprediksi pertandingan hari ini bakal berlangsung seru.

"Pelatihnya sendiri (Benny Dolo) paling senior di liga Indonesia, ia punya strategi yang banyak untuk menghadapi Persib. Bendol-sapaan Benny Dolo- pasti sudah menyiapkan strategi dan itu akan membuat pertandingan menarik dan seru karena kita pun sama ingin meraih tiga poin," beber Djadjang.

Lebih lanjut, Djadjang juga mengaku sudah mengantongi kebiasaan Bendol dalam menangani sebuah tim. Namun dia merahasiakan apa yang diketahuinya itu. "Sudah tahu, yang pasti saya tau karakteristiknya seperti apa," pungkasnya. (yan)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tendang Constant, Milan Siap Datangkan Armero


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler