Dari wilayah Gympie, di Queensland, hingga ke Eropa, James Dixon adalah pencukur alpaca dengan permintaan dari seluruh dunia.

James Dixon berusia 30 tahun saat ia menemukan ketertarikan pada hewan yang dihargai mahal karena bulu lembut mereka ini.

BACA JUGA: Berkas Pembunuhan Polisi Bali Diserahkan ke Kejaksaan

"Orang tua saya telah pensiun di pantai selatan NSW dan mereka membeli peternakan alpaca. Saya membantu pencukur ketika ia datang dan ia menyarankan bahwa saya bisa berkarier dari hal itu," cerita James Dixon.

Musim alpaca Australia dimulai pada bulan Agustus dan berlangsung hingga Februari. Selama periode ini, James akan mencukur sekitar 5.000 alpaca.

BACA JUGA: Kisah Gary si Kambing yang Hidup Bersama Kanguru di Adelaide

Setelah pelatihan dalam teknis pencukuran di TAFE (sekolah kejuruan) Dubbo, ia menghabiskan 15 tahun terakhir dalam bisnis ini dan keliling dunia dengan guntingnya.

Pekan lalu, James pergi ke utara, mencukur alpaca di Gympie sebelum menuju Bundaberg, Gin Gin, Rockhampton dan Emerald.

BACA JUGA: Pemukiman Pengungsi asal Suriah di Australia Lambat

Skip YouTube Video

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame. YOUTUBE: James Dixon Si Pencukur Alpaca

Dari Rockhampton, melalui New South Wales dan turun ke Ballarat di Victoria, James akan menempuh jarak 10,000 km di saat ia melintasi pantai timur sebelum menuju luar negeri untuk musim cukur Eropa.

James mengatakan, para pencukur Australia memiliki reputasi yang solid di luar negeri dan ia telah diundang untuk mencukur alpaca di Selandia Baru, Inggris dan Eropa, termasuk Perancis, Belanda, Portugal dan Spanyol. Alpaca yang baru saja dicukur berjalan di pekarangan setelah dikunjungi pencukur.

ABC; Megan Kinninment

Meski demikian, ia mengatakan, gaya hidup keliling dunia memang memiliki kelemahan.

"Anda bisa bertemu orang-orang yang luar biasa, di lokasi yang benar-benar menakjubkan –hanya saja tak lama, itu sangat sementara," ungkapnya.

Menemukan asisten yang bisa berkomitmen pada gaya hidup pencukur yang selalu bepergian, juga sulit.

"Sulit untuk menemukan seseorang untuk bekerja dengan Anda dari tahun-ke-tahun, terutama dengan perjalanan ke luar negeri," sebut James.

"Banyaknya waktu jauh dari rumah bukan untuk semua orang," imbuhnya. Bulu alpaca mirip dengan wol tapi lebih hangat, tak berduri dan tak berlemak.

ABC; Megan Kinninment

Musim ini, James ditemani backpacker (turis dengan bujet minimal) asal Inggris berusia 22 tahun, Meg Rippon.

"Saya tadinya akan memetik buah, tapi dengan cara ini Anda bisa melihat Australia," utaranya.

Alpaca dicukur setahun sekali dan bisa menghasilkan antara satu sampai empat kilogram bulu per hewannya.

"Seorang pencukur yang baik bisa mencukur domba dalam satu menit - jika ia tahu triknya," kata James.

Karena alpaca adalah hewan yang lebih besar, mereka harus ditambatkan sebelum dicukur dan prosesnya memakan waktu lebih lama.

"Alpaca terakhir yang saya cukur lamanya lima menit, [dan] saya senang dengan hasil itu," tutur James. Beberapa foto tampang alpaca dari dekat.

ABC; Megan Kinninment

Walau ia mencintai alpaca, dan menggambarkan mereka sebagai hewan "cantik yang selalu ingin tahu", James tak terlalu disukai oleh mereka.

"Mereka adalah binatang yang menarik, tak sulit untuk jatuh cinta pada mereka, tapi hari mencukur bukanlah hari terbaik mereka," ujarnya.

Ia mengungkapkan, "Itu adalah waktu di mana mereka banyak berurusan dengan manusia dan diminta untuk melakukan hal-hal yang bertentangan dengan keinginan mereka lebih dari waktu lainnya."

James mengaku, ia tak ingin memiliki peternakan alpaka sendiri.

"Jika saya cukup beruntung untuk memiliki lahan yang cukup, saya ingin beberapa alpaca, tapi saya tak akan membiakkan mereka. Saya sudah sering diludahi oleh alpacas yang mengamuk," ceritanya.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterjemahkan dan diedit: 19:30 WIB 07/09/2016 oleh Nurina Savitri.

Lihat Artikelnya di Australia Plus

BACA ARTIKEL LAINNYA... ELL: Fasih Melafalkan Kata dalam Bahasa Inggris

Berita Terkait