Bersiap Gantung Sarung Tinju

Selasa, 27 Juli 2010 – 00:00 WIB
The Dragon Chris John, sudah bersiap Gantung sarung Tinju sebelum usianya menginjak yang ke 35 tahun. Sebelumnya, ia masih ingin melahirkan juara dunia baru untuk Indonesia.
BISA jadi, Yohannes Christian John atau lebih dikenal Chris John masih menjadi satu-satunya petinju kebanggaan bangsa Indonesia saat iniPria kelahiran Jakarta, 14 September 1979 itu tercatat sudah 11 kali mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu versi WBA

BACA JUGA: Tak Ada Kasta dalam Pendidikan

Terakhir, Chris John mempertahankan gelar kelas bulu WBA (Asosiasi Tinju Dunia) setelah menahan usaha keras Rocky Juarez di ronde-ronde akhir untuk membukukan kemenangan 12 ronde dengan suara bulat atas petinju Amerika itu september 2009 silam
Selama karirnya, Chris John membukukan 43 menang, satu seri dan 22 KO

BACA JUGA: Mengapa Semua Ingin Jadi PNS?

Rekor Juarez turun menjadi 28-5-1.

Sedianya, Senin (26/70 Chris John akan bertarung mempertahankan gelar  melawan penantang peringkat 15, Fernando Saucedo, di Ballroom Pacific Place Hotel Ritz-Carlton, Jakarta
Namun, pertarungan itu batal lantaran cedera

BACA JUGA: Siap Hadapi Proses Hukum

"Chris retak tulang iganya terkena pukulan lawan latih tandingnya juara nasional kelas ringan, Roy Tuamanihuruk, beberapa hari laluSetelah dirontgen di klinik dekat Hotel Sahid tadi pagi baru kami tahu kalau tulang iganya retak," tutur Wakil Manajer Chris John Management, Toni PranataSebelum memutuskan memindahkan ke Jakarta, Chris John juga membatalkan rencana tanding yang akan digelar di Bali Mei silam.

Dua kali penundaan tanding Chris John lantas mengundang tanda tanyaBenarkah hanya semata-mata cedera? Atau jangan-jangan karena tidak mendapatkan sponsor? Tidak ada keterangan pastiNamun,  Anna Maria Megawati istri Chris John memastikan bahwa suaminya memang benar-benar sedang mengalami cedera"Memang betul cederaKesenggol sedikit saja ia sudah kesakitan," kata Ibu dari dua anak Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani ituBahkan, akibat cideranya itu, Anna mengaku sempat menyarankan Chris John mundur dari ring tinju"saya takut, kalau cidera Chris tambah parah," ujar Anna.

Promotor tinju profesional, Zaenal Thayeb, menyatakan kesiapannya mengambil alih mementaskan pemegang gelar Super Champions Kelas Bulu WBA, Chris John, untuk berbagai pertarungan berikutnya menyusul batalnya petinju itu melawan Fernando David Saucedo."Apabila pelatih sekaligus manajernya, Craig Christian, sudah melepaskan Chris John, saya siap mengambil alih untuk memberikan dukungan kepada petinju tersebut," kata Zaenal Thayeb.

Ia mengakui, memang dirinya tidak tahu pasti apakah pembatalan pertarungan Chris John melawan El Vasco (panggilan Fernando Saucedo) tersebut karena memang Chris John mengalami cedera atau karena pihak penyelenggara atau "EO" tidak mendapat sponsor"Saya kurang tahu persis alasan pembatalan pertarungan tersebut tetapi saya sudah menyampaikan kepada istri Chris John, Anna Maria Megawati, dan menyarankan agar tidak diteruskan daripada nanti Chris John bertambah fatal dan keluar uang yang banyak," katanya.

Kini Chris John sedang menjalani terapi penyembuhan di Kota Atlas semarangKepada wartawan Jawa Pos National Network (JPNN) Agus Srimudin, The Dragon- begitu julukan buat Chris - bercerita banyak tentang kesehariannyaJuga tentang rencana ke depannyaTermasuk rencana-rencana masa depan, setelah ia tak lagi kuat menjalani profesinya sebagai petinju proMisalnya, ia ingin membuka sekolah tinju, juga mendirikan sports clubToh begitu, Chris John mengaku masih tetap was-was tentang masa depannya, setelah dirinya gantung sarung tidak lagi menekuni olah raga keras ini.

Apa kabar, apa saja yang anda lakukan selama ini?
Kabarnya baik-baik sajaSekarang, saat ini masih di rumah bersama keluarga di SemarangSaat ini, saya masih menjalani terapi, melakukan pengobatan cidera tulang iga.
 
Lalu bagaimana pertarungan melawan El Vasco (panggilan Fernando David Saucedo)?
Ya, ditunda dulu, sampai sembuh totalSaya belum tahu kapan jadwalnya, nanti dikoordinasikan dengan manajerTapi aku minta sampai benar-benar sembuh barulah naik ring lagi.

Tetapi bagaimana dengan manajer anda Craig Christian, yang saat ini berurusan dengan polisiApakah masalah ini mempengaruhi nasib tinju anda?
Ah tidak jugaApalagi dia kan tidak ditahanSejauh ini, kami tidak terpengaruh soal ituDia kan hanya dipanggil polisi, dan ketika itu saya juga ikut mengantar dia ke Polda metro JayaSetelah memberikan keterangan, Craig langsung boleh pulangNanti, jika diperlukan dan dipanggil polisi lagi, kami akan datangYa doakan saja, semua akan berjalan dengan baikSejauh ini seh, baik-baik saja.

Kabarnya istri anda sempat schock atas cidera yang anda alami?
BenarKasihan istri sayaDia sangat mengkhawatirkan kondisi sayaBahkan ia sempat meminta saya untuk istirahat total, istilahnya gantung sarungTentu, permintaan istri yang terakhir belum dapat saya penuhiSaya masih merasa mampu berbuat lebih baik untuk tinju IndonesiaJadi soal permintaan istri saya agar saya mundur dari ring tinju, saat ini belum bisa saya penuhiSaya dibesarkan di dunia tinju ini, sehingga saya harus berusaha keras untuk memperpanjang gelar ini sedapat mungkinMeski begitu, saya memastikan bahwa saya pasti akan menggantung sarung pada saatnya nantiSebelum itu terjadi, saya masih berambisi untuk memunculkan petinju-petinju kelas dunia seperti sayaSaya melihat, banyak sekali potensi petinju Indonesia yang bisa menjebol internasionalNamun semua itu harus digarapTanpa upaya penggarapan yang serius, niscaya potensi besar ini menghasilkan sesuatu yang terbaik.

Wah, nampaknya masih semangat sekaliLalu kapan rencana gantung sarungnya?
Hahaha...pemegang juara itu harus terus bersemangatBagi saya, pokoknya melakukan yang terbaikDan saya senang, karena hingga saat ini saya masih bisa mempertahankan juara dunia WBASoal gantung sarung, saya bisa memastikan bahwa itu akan saya lakukan tidak melebihi usia 35 tahunOrang seusia itu kan sudah cukup tua untuk bertarung seperti sekarang ini.

Sejumlah petinju dunia kita bernasib tidak mujur di usia pensiunnyaAda rencana khusus yang sudah dipersiapkan untuk menghadapi pensiun?
Wah, terima kasih sudah diingatkan tentang hari tua sayaTerus terang saya juga prihatin sekaligus takut juga, jangan-jangan nantinya saya juga akan seperti merekaUntuk menghadapi masalah-masalah seperti itu, saya berencana  untuk membuat Sports Club, sekolah tinju professionalRencana tempatnya di SemarangTapi, tidak hanya tinju, karena isteri saya jago wushu, nanti Sports Club itu dilengkapi Wushu dan Kungfu.

Siapa sasaran siswa Sports Club?
Untuk tinju, anak-anak sejak usia 5-6 tahun, usia Sekolah Dasar (SD)Wushu juga begituSaya ada rencana lakukan koordinasi dengan sekolah-sekolah untuk merekrut calon siswa tinju dan wushuTapi Sports Club juga menerima masyarakat umumKalau Kungfu, nanti disiapkan lagi.

Bagaimana nasib tinju Indonesia saat ini, apa harapan mas Chris John?
Saya melihat perkembangan tinju professional agak mundurDulu banyak even-even tinju yang disiarkan televisi, sekarang jarang sekaliIni yang membuat saya sedihPadahal, kemajuan petinju professional bisa dilihat karena seringnya bertanding, sebagai ajang pembuktian diriBagaimana bisa dinilai orang kalau tak pernah naik ring.

Bagaimana potensi petinju Indonesia?
Peluang petinju-petinju professional Indonesia menjadi terbaik di tingkat dunia sangat besarSaya berharap dengan tembusnya saya ke internasional, seharusnya banyak petinju-petinju professional kita bermunculan.

Apa yang salah?
Wadah tanding masih sangat kurangSeharusnya banyak pertandingan-pertandingan agar bisa memunculkan petinju-petinju professionalMestinya petinju-petinju professional harus mencari cara agar sering melakukan pertandingan, biar nanti laku dijualDukungan berbagai pihak sangat diharapkanDukungan sponsorPemerintah juga harus peduli, artinya professional itu benar-benar dimunculkan sebagai petinju andalMereka tidak memikirkan lagi bagaimana mereka bisa hidup, tetapi bagaimana tinju mereka bisa sangat baik dan layak tampil di pentas internasional.

Bagaimana dengan badan tinju Pertina (persatuan tinju amatir nasional)?
Hahaha… mereka seperti itu itu sajaKayak gak ada inovasiMau dibawa kemana petinju professional kitaKalau saya diminta pandangan/pendapat, seharusnya potensi petinju professional Indonesia yang sangat besar ini bisa dikembangkan.
 
Siapa petinju yang diprediksi bakal maju seperti mas Chris John?
BanyakAda Daud ‘Cino” JordanDia petinju Indonesia yang sedang naik daun asal KalbarSelain itu, ada pula Roy Mukhlis (23), juara kelas bulu FABA, WBC Intercontinental, dan WBODia petinju asal Lombok, Nusa Tenggara BaratAda beberapa lagi.

Siapa petinju yang  Anda dikagumi?
Oscar De La Hoya, petinju asal AmerikaSekarang usianya 36 tahun, sudah gantung sarungDia cukup bagus dan pintar mengelola diri.(gus/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Duta Kondom, Calon Wakil Bupati Pacitan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler