Boni: SBY Ibarat Supir Bajaj

Kamis, 29 Januari 2009 – 12:34 WIB
JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Boni Hargens, mengibaratkan empat presiden pasca-kepemimpinan Soeharto masing-masing BJ Habibie, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati Soekarno Putri dan Susilo Bambang Yuhoyono (SBY) umpama supir angkutan kota di Jakarta.

“Habibie bagaikan supir tembak, Gus Dur seumpama pembalap, Megawati semisal supir metromini dan SBY bak supir bajaj,” kata Boni Hargens, dalam Dialog Kenegaraan, yang digelar DPD, di komplek parlemen Jakarta, Rabu (28/1).

Habibie, kata Boni, karena saat itu mobil sudah penuh dengan penumpang, sementara supir tidak bisa melanjutkan perjalanan, sehingga keluarlah izin bagi Habibie untuk membawa kendaraan ini ke pemberhentian berikutnya.

Di tempat pemberhentian sementara, penumpang tidak percaya pada Habibie, lalu Gus Dur yang membawa kendaraan“Ternyata Gus Dur pembalap dan membawa kendaraan sangat kencang

BACA JUGA: Tidak Kooperatif, Billy Dituntut Empat Tahun

Atas alasan keselamatan penumpang, maka perjalanan berikutnya kendaraan diserahkan ke Megawati.”

Megawati, ujar Boni, memahami kendaraan yang dibawanya sebagai Metromini
“Tujuan jelas, tapi terlalu banyak melanggar rambu-rambu lalu-lintas.Untuk Presiden SBY, Boni meumpamakan SBY sebagai seorang supir bajaj yang sulit untuk di tebak kapan berhenti dan kapan untuk berbelok

BACA JUGA: Banjir Rugikan Negara Rp10 T Per Tahun

BACA JUGA: Kubu Mega Tuding SBY Pegang Rekor Langka

(Fas/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kejagung Oper Kasus Indover ke KPK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler