BPIP Gelar Bimtek Kepamongan, Lahirkan Paskibraka Berkarakter Pancasila

Selasa, 21 Maret 2023 – 14:36 WIB
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Kepamongan dan Penyelenggaraan Pemusatan Pendidikan dan Paskibraka. Foto: BPIP

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Kepamongan dan Penyelenggaraan Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) se-Indonesia di Jakarta, Senin (20/3).

Kepala BPIP Yudian Wahyudi, menegaskan Peraturan Presiden Nomor 51 tahun 2022 tentang Program Paskibraka telah memberikan landasan bahwa program Paskibraka sebagai kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.

BACA JUGA: Simak! Begini Arahan Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati untuk Kades Seluruh Indonesia

“Diperlukan upaya dari setiap komponen bangsa untuk bisa menyiapkan kader pemimpin berkarakter Pancasila yang akan melanjutkan perjuangan bangsa,” ujarnya saat membuka acara.

Dia mendorong para Pamong pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka untuk bersungguh-sungguh dalam membentuk karakter Pancasila dari para calon Paskibraka selama Pemusatan Diklat Paskibraka dilaksanakan.

BACA JUGA: BPIP Kawal Penyusunan Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila

Yudian menekankan kegiatan Bimtek yang dilaksanakan untuk mendukung Pembentukan Paskibraka di seluruh Indonesia yang lebih terstandar dan efektif.

“Saya harap calon Paskibraka ini tidak hanya memiliki kemampuan teknis kepaskibrakaan saja, tetapi memiliki kedisiplinan, wawasan kebangsaan yang kuat, kecintaan pada tanah air," jelasnya.

BACA JUGA: Pesan Wakil Kepala BPIP di Dies Natalis ke-66 Fakultas Hukum Universitas Diponegoro

Dia mengajak kepada seluruh peserta untuk membagi pengalaman hasil bimbingan teknis ini kepada para Pamong Paskibraka di daerahnya masing-masing.

Dia mengajak seluruh peserta untuk berterimakasih kepada para pendiri bangsa yang sudah berjuang dengan berkorban nyawa untuk dapat berkibarnya Sang Merah Putih di seluruh Indonesia.

“Kita patut bersyukur, karena perjuangan untuk mengibarkan Bendera Merah Putih saat ini tidak sesulit masa perjuangan kemerdekaan yang perlu tetesan darah dan berkorban jiwa raga," kata dia.

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Dr. Rima Agristina, melaporkan bahwa pelaksanaan perekrutan Paskibraka di seluruh Indonesia memanfaatkan aplikasi berbasis IT.

Sehingga bisa terpantau perkembangan proses perekrutan dan seleksi di seluruh Indonesia, untuk mendukung pelaksanaan yang lebih transparan, objektif dan bebas dari nepotisme.

“Sampai saat ini daerah yang telah memanfaatkan aplikasi Transparansi Paskibraka dalam proses rekrutmen seleksi Paskibraka tahun 2023 adalah 425 Kabupaten/Kota," ujar Rima.

BPIP mencatat hingga tanggal 19 Maret 2023, pendaftar Calon Paskibraka di seluruh Indonesia melalui aplikasi transparansi telah mencapai 94.294 orang.

“Tentunya jumlah yang mendaftar sesungguhnya jauh lebih besar lagi karena masih ada daerah yang belum menerapkan aplikasi," kata Rima.

Bimtek kepamongan dan penyelenggara Pemusatan Diklat Paskibraka ini diikuti peserta di antaranya perwakilan Kesbangpol dari 38 Provinsi, Purnapaskibraka Duta Pancasila perwakilan 34 Provinsi dan Perwakilan Pengurus Organisasi Kepaskibrakaan seperti Padinasi dan PPI, serta dihadiri oleh seluruh Pelaksana Organisasi Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI). (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BPIP dan Negeri Serumpun Sebalai Deklarasikan Pembentukan Jejaring Panca Mandala


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler