BTN Kredit PNS Salurkan Uang Muka KPR

Selasa, 24 Mei 2011 – 05:03 WIB

JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) bekerjasama dengan asuransi PT Asabri untuk memberikan kredit pemilikan rumah (KPR) bagi bagi anggota TNI/Polri dan PNS di lingkungan Kementrian Pertahanan dan Keamanan (Kemenhan) yang belum memiliki rumahKeringan diberikan dengan memberikan pinjaman uang muka tanpa bunga.

"Kita berharap bisa menyalurkan bantuan uang muka antara 15 sampai 20 ribu anggota TNI atau Polri dan PNS di lingkungan Kemenhan tahun ini," ujar Dirut PT Asabri, Adam Damiri, usai melakukan MoU dengan PT Bank Tabungan Negara Tbk di Jakarta, Senin (23/5).

Saat ini, menurut Adam, setidaknya ada sekitar 634 ribu orang prajurit atau pegawai negeri sipil (PNS) polri dan Kementerian Ketahanan yang  masih aktif dan menjadi anggota Asabri yang belum mempunyai rumah

BACA JUGA: Kementan Butuh 60 Ribu Penyuluh

"Jumlah itu 75 persen dari total anggota orang prajurit dan PNS polri dan Kemenhan yang aktif dan menjadi anggota Asabri," terusnya.

Sementara jumlah anggota Asabri termasuk pensiunan sudah mencapai 1,1 juta orang
Umumnya prajurit yang belum memiliki rumah adalah prajurit yang berpangkat Tamtama dan Bintara.

Sebelumnya, ada kebijakan untuk pembangunan 10 ribu unit perumahan untuk para prajurit namun hingga saat ini belum terealisasi

BACA JUGA: Pemerintah Terbitkan Surat Utang USD 1,5 Miliar

Selain itu ada juga ketentuan akan diberikan Rp 8,5 juta untuk uang muka pembelian rumah setiap prajurit
"Karena belum terealisasi, kami dari Asabri memberikan terobosan baru agar angggota Asabri bisa lebih cepat memperolah rumah

BACA JUGA: Termurah di Asia, Penyelundupan BBM Bersubsidi Masih Marak

Dengan kerja sama ini, kami berharapkan anggota Asabri akan bisa memperoleh rumah secara cepat," harapnya.

Direktur Utama BTN, Iqbal Latanro, mengatakan BTN sebagai bank yang berkomitmen untuk pembiayaan perumahan menyambut baik rencana iniMenurutnya, hingga saat ini BTN menyalurkan kredit untuk KPR mencapai 85 persen dan sisanya sebesar 15 persen untuk non KPR.

Pada tahun 2011 program pemerintah lewat Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan  (FLPP) akan membangun 200 ribu rumahSedangkan untuk BTN sendiri akan membangun perumahan lewat FLPP sebesar 120 ribu rumahDengan adanya fasilitas FLPP ini, maka kuota untuk Asabri akan bisa diberikan sebesar 40 persen.

PT Asabri merupakan Badan Usaha Milik Negara yang menyelenggarakan Program Asuransi Sosial Prajurit TNI atau Anggota Polri dan PNS Kementerian Pertahanan serta melaksanakan pembayaran pensiun.(gen)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Audit Izin Tambang, Pusat Bentuk Tim Khusus


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler