Calon Dirut Pertamina Masuk Pekan Ini

Rabu, 28 Januari 2009 – 00:55 WIB

JAKARTA - Isu perombakan direksi Pertamina kembali menghangatItu terjadi setelah ada kepastian bahwa penyaringan calon direksi atau fit and proper test segera dimulai

BACA JUGA: Insentif PPh 21 Tak Tepat Sasaran

Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil mengakui tengah menunggu usul nama-nama calon direksi dari Dewan Komisaris Pertamina


’’Sesegera mungkin, pekan ini lah,’’  ujarnya di Kantor Kementerian BUMN, Selasa (27/1) malam

BACA JUGA: Dividen BUMN Kembali Direvisi

Menurut Sofyan, jika nama-nama usul dari komisaris sudah diterima, proses fit and proper test terhadap nama-nama tersebut langsung dimulai
’’Karena itu, kami tunggu dulu usul resmi dari komisaris,’’ katanya.

Isu perombakan direksi Pertamina belakangan menghangat

BACA JUGA: Ekspor Karet Dipangkas 20 Persen

Bahkan, Selasa lalu (22/1), saat rapat umum pemegang saham (RUPS) dilaksanakan, santer beredar kabar bahwa Ari HSoemarno akan dilengserkan dari kursi Dirut PertaminaPosisi Ari HSoemarno terancam karena kinerja Pertamina yang belakangan dinilai kurang beresDi antaranya, tidak becus menangangi kelangkaan elpiji, kelangkaan BBM, hingga kasus kebakaran di Depot Plumpang yang merenggut satu korban jiwa dan kerugian miliaran rupiah.

Bursa kursi Dirut Pertamina diramaikan nama-nama dari internal Pertamina seperti Direktur Umum dan SDM Waluyo (mantan direktur bidang pencegahan KPK), mantan Direktur Umum dan SDM Sonny Sumarsono, Direktur Pemasaran dan Niaga Achmad Faisal, dan Komisaris Pertamina Maizar Rahman (mantan gubernur OPEC).

Sementara itu, nama dari luar Pertamina adalah Erry Riyana Hardjapamekas (mantan wakil ketua KPK dan mantan Dirut PT Timah) serta Kuntoro Mangkusubroto (mantan Mentamben dan mantan Dirut PLN).

Ditanya apakah nama-nama yang beredar tersebut masuk list fit and proper test kursi Dirut Pertamina, Sofyan enggan menjawab’’Belum...belum,’’ elaknya.

Terkait kriteria calon Dirut, Sofyan juga tidak memberikan kriteria yang jelas’’Tentu yang mampu memimpin Pertamina,’’ ujarnya

Apakah yang memiliki background di sektor migas? ’’Aduh.itu kok nanya teknisNanti pokoknya kita lihat saja dehPokoknya untuk pemimpin Pertamina yang bagus lah,’’ terangnya.

Sebelumnya, Sofyan mengatakan, untuk merombak jajaran direksi maupun komisaris, Kementerian BUMN selaku pemegang saham bisa langsung melakukan tanpa melalui RUPS dengan mengundang banyak pihak’’Sebab, karena masih 100 persen BUMN, saya bisa tanda tangan atas nama RUPS,’’ jelasnya.

Terkait kinerja Pertamina pada 2008, Sofyan menilai cukup bagus karena terbantu oleh tingginya harga minyak’’Kalau harga minyak tidak anjlok pada September, tentu kinerjanya akan lebih baik lagi,’’ ujarnya.
Meski demikian, lanjut dia, rendahnya harga minyak tahun ini bakal menjadi tantangan berat bagi Pertamina’’Karena itu, efisiensi akan kita tekankan terus,’’ katanya.

Terkait kebakaran di Depot Plumpang baru-baru ini yang menyebabkan posisi Ari HSoemarno selaku Dirut makin disorot, Sofyan mengatakan tidak mendapat porsi pembahasan secara spesifik di RUPS Selasa lalu (22/1)’’Namun, kami meminta safety standard diperbaiki supaya musibah tidak terulang,’’ jelasnya(owi/agm)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pencurian Data Perusahaan Marak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler