Calon Hakim Agung Mulai Umbar Janji

Rabu, 20 Juli 2011 – 13:48 WIB
JAKARTA- Komisi Yudisial (KY) mulai menggelar tes wawancara terhadap para Calon Hakim Agung (CHA) di kantor KY, Jalan Kramat Raya, Jakarta PusatPada tes wawancara yang digelar hari ini, Rabu (20/7), KY mulai memanggil 6 dari 45 CHA

BACA JUGA: Gayus Bongkar Enam Modus Mafia Pajak



Keenam CHA tersebut adalah dari jalur non karir, Syafrinaldi, Tawaddin, Mahdi Syahbandir serta Mohammad Yamin Awie, I Putu Widnya, serta Made Rawa Aryawan dari jalur Karir. 

Dalam satu sesi wawancara, seorang calon Hakim Agung dari jalur non karir, Syafrinaldi menyatakan bersedia menerima kritikan masyarakat dan selalu siap dipanggil KY apabila ada masyarakat yang melaporkannya atas dugaan pelanggaran kode etik dan prilaku hakim setelah dirinya menjadi hakim Agung nantinya.

"Kalau ada laporan tentang saya dari masyarakat, pagi saya dipanggil, siang ada di sini (KY)
Sangat senang saya, biar cepat-cepat bisa diperbaiki," janji Syafrinaldi saat tes wawancara di gedung KY.

Syafrinaldi, diwawancarai oleh Komisioner KY, Eman Suparman, Imam Anshori Saleh, Ibrahim, Suparman Marzuki, Taufiqurrahman Syahuri, Abbas Said, Jaja Ahmad Jayus, serta Tim Ahli KY, Prof Dr Muktie Fajar, Prof Dr Arief Sidharta.

Syafrinaldi diketahui merupakan Guru Besar Universitas Islam Riau, dan memiliki cita-cita menjadi Hakim Mahkamah Internasional

BACA JUGA: Nama Alex Noerdin Muncul Lagi di Dakwaan Rosa

Ia meyakini untuk menjadi Hakim Agung, seseorang harus memiliki sifat-sifat ideal, yaitu berbudi pekerti luhur, jujur, dan adil.

KY memulai seleksi wawancara terhadap 45 calon Hakim Agung, mulai hari ini, hingga tanggal 29 Juli 2011 mendatang
Proses tersebut merupakan bagian dari rangkaian seleksi yang dilakukan KY, untuk mendapatkan 30 nama calon Hakim Agung yang akan direkomendasikan ke DPR.

Mahkamah Agung (MA), membutuhkan 10 orang Hakim Agung untuk memenuhi quota 60 posisi Hakim Agung berdasarkan undang-undang UU Nomor 3 Tahun 2009 Tentang Mahkamah Agung.(kyd/jpnn)

BACA JUGA: Rosa Didakwa Menyuap Bosnya Sendiri

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gayus: Tahanan Korupsi Diberi Keleluasan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler