Cari Suaka ke Indonesia, Warga Kongo Edarkan Euro Palsu

Rabu, 21 Mei 2014 – 12:40 WIB

jpnn.com - SIAPA sangka sosok Tebuli Lendo alias John uang datang ke Indonesia untuk mencari suaka harus berurusan dengan pihak berwajib Indonesia. Bukan soal keimigrasian atau izin tinggal, tapi warga negara Republik Demokratik Kongo ini kedapatan menyimpan uang pecahan EUR 100 palsu. Totalnya EUR 277.500. 

Pria 36 tahun itu datang ke Indonesia pada Oktober 2013. Tujuannya datang ke Indonesia adalah untuk mencari suaka. 

BACA JUGA: Pelajar SMP Sodomi 6 Anak di Kolam Lele

Dia beralasan, negaranya tidak aman sehingga memilih untuk datang ke Indonesia. 

Di Indonesia, John mengaku bertemu YHDP, salah seorang teman dari negara yang sama. Dari pertemuan itu, mereka justru merencanakan membuat uang Euro palsu.

BACA JUGA: Belajar dari Internet untuk Bikin Industri Sabu

Berbekal uang palsu dari YHDP, dia menawarkan penukaran uang EUR kepada sejumlah orang. Hasilnya, Selvianus Pangga, 35, warga Jakarta Selatan bersedia menukar uang EUR milik John dengan rupiah senilai Rp 100 juta. 

"Kalau uangnya ditukar, bisa senilai Rp 200 miliar, Tetapi tersangka hanya meminta Rp 100 juta dari korban," kata Kapolsek Sawah Besar Kompol Shinto Silitonga kepada wartawan. 

BACA JUGA: Penangkapan Raja Penjahat Berlangsung Dramatis

Selvianus baru sadar jika uang yang didapatnya dari John adalah uang palsu saat menukarkan ke bank. Pihak bank menolak dan menyatakan bahwa uang yang dibawa Selvianus adalah palsu. (agu/mby/mas) 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kampung Kubur Digerebek Lagi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler