Casillas Puji Pepe Reina

Senin, 05 Juli 2010 – 12:08 WIB
SELAMAT - Iker Casillas (kanan) usai menyelamatkan gawangnya dari penalti Oscar Cardozo, sementara Carles Puyol (tengah) berteriak senang. Foto: Quinn Rooney/Getty Images/FIFA.com.

IKER Casillas menuai pujian berkat penampilannya yang gemilang kala melawan Paraguay dini hari kemarinBukan saja membuat banyak penyelamatan penting yang mencegah sang lawan mencetak skor

BACA JUGA: Samai Gerd Mueller, Kejar Ronaldo

Tapi yang paling penting, aksinya menggagalkan eksekusi penalti Oscar Cardozo benar-benar berkontribusi pada kemenangan Spanyol dini hari kemarin.

"Dia (Casillas, Red) luar biasa
Penampilannya memberi kami kepercayaan diri," puji David Villa, pencetak gol semata wayang Spanyol, seperti dilansir Reuters

BACA JUGA: Hadapi Spanyol Tanpa Mueller

"Dengan adanya dia di bawah mistar kami, Spanyol tidak perlu khawatir pada musuh manapun
Dia tidak hanya menggagalkan penalti, tapi juga membuat penyelamatan penting di akhir laga," lanjutnya.

Siapa sangka, kiper ketiga Pepe Reina punya peran besar atas keberhasilan Casillas menggagalkan penalti Cardozo

BACA JUGA: Bintang Jerman Buka Suara

Menurut Casillas, rekannya yang juga penjaga gawang Liverpool itu yang memberi petunjuk bagaimana caranya mencegah Cardozo mencetak gol dari titik putih.

Ya, Reina memang pernah dikadali oleh pemain Benfica tersebutTepatnya, ketika Liverpool bersua Benfica perempat final Europa League musim laluDi leg pertama, penalti Cardozo berkontribusi atas kemenangan Benfica 2-1 atas The Reds, julukan LiverpoolBerdasarkan pengalaman itu, Reina bisa membagi rahasia Cardozo dalam mengeksekusi penalti pada Casillas.

"Saya hanya beruntung bisa mencegah penalti itu," kata Casillas merendah, sebagaimana dikutip situs resmi FIFA"Saya menjatuhkan diri ke arah kiri karena sudah diberi tahu oleh Pepe (Reina) sebelum pertandinganDia bilang, Cardozo biasanya menembakkan bola dengan kencang ke arah sisi kanannyaTernyata benarSo, sukses saya hanya gabungan dari intuisi, keberuntungan, plus bantuan rekan setim," lanjutnya.

Namun, Reina malah balik memberikan kredit pada kiper Real Madrid tersebut"Tetap Iker yang berhak mendapat semua pujian, karena dialah yang melakukan penyelamatan ituSaya tidak tahu apakah informasi dari saya itu membantu atau malah membuatnya bingungSaya hanya menyebut soal Cardozo karena ingat dia pernah mengecoh saya dalam perempat final Europa League musim lalu," paparnya.

Apa yang dikatakan Reina tidak berlebihanSebab, bukan saat mencegah penalti Cardozo itu saja Casillas membuat penyelamatan pentingMendekati akhir-akhir pertandingan, dia membuat double save yang sangat pentingDia menepis tendangan Lucas Barrios, plus upaya rebound dari Roque Santa Cruz.

"Casillas tampil istimewa malam ini (dini hari kemarin, Red)Dia membuat dua penyelamatan penting, dan sekali menggagalkan penalti lawanSudah jelas, dia adalah salah satu penentu sukses kami," kata Vicente del Bosque, pelatih Spanyol(na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cannavaro Jagokan Jerman-Spanyol


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler