CCAI Sumbang Borobudur

Rabu, 29 Juni 2011 – 04:04 WIB

JAKARTA - COCA-Cola Amatil Indonesia (CCAI) menyerahkan bantuan donasi sebesar Rp 250 juta untuk pelestarian situs bersejarah Indonesia, Candi BorobudurDonasi ini diberikan pada acara pergelaran mahakarya Borobudur, di Jakarta, Selasa (28/6)

BACA JUGA: Bangun Ruas Tol, Siapkan Dana Rp 112 Miliar

Intik merealisasikan acara itu, CCAI menggandeng PT Wisata Candi, Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan RI,  serta UNESCO.

Bantuan diserahkan langsung kepada Direktur UNESCO Jakarta Hubert yang didampingi Menteri Pariwisata Jero Wacik, Purnomo Siswo Prasetjo Direktur Taman Wisata Candi, serta artis Hollywood Richard Gere
Donasi tersebut menjadi awal komitmen CCAI terhadap pelestarian situs bersejarah di kawasan Jawa Tengah.

’’Donasi ini merupakan donasi awal dari lima tahun program Coca-Cola for Borobudur sebagai wujud komitmen jangka panjang CCAI untuk turut mengembangkan dan terutama membantu restorasi Candi Borobudur,’’ jelas Peter Kelly, Presiden Direktur CCAI.

Dana tersebut rencananya digunakan UNESCO untuk perbaikan candi akibat dampak dari letusan Gunung Merapi

BACA JUGA: SMGR Kebut Dua Pabrik Baru

Pasalnya, material yang keluar dari perut bumi itu telah mengancam kualitas bebatuan serta sistem drainase.

Program ini akan berlangsung selama lima tahun
Sementara itu pihaknya akan terus menggulirkan dana selama satu tahun sekali

BACA JUGA: Permata Tuntaskan Subdebt Rp 1,75 Triliun

Sehingga, dalam rentang itu, CCAI berharap dapat terus melanjutkan peranannya terhadap pelestarian budaya’’Kami senang dapat hadir, bukan saja melihat mahakarya Borobudur, tetapi bersama-sama mewujudkan kepedulian kami terhadap warisan sejarah ini,’’ lanjut dia.

Ada tiga fase penyerahan bantuan, pertama pembentukan tim untuk pembersihan Candi Borobudur dan pelaksanaan pembersihan candiTidak hanya itu, pihaknya melibatkan masyarakat serta penyediaan alat-alat pembersihan candi.

Kedua dengan melakukan berbagai workshop mengenai restorasi Candi Borobudur dan dilanjutkan studi perbandingan dengan berbagai situs dunia yang memiliki tantangan yang samaFase ketiga difokuskan untuk perbaikan perekonomian masyarakat berdasarkan training program dan kampanye sosial tentang restorasi Borobudur.

’’Kami berharap donasi CCAI ini dapat membantu perbaikan situs bersejarah kebanggan rakyat Indonesia ini sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar Candi yang kehidupannya bergantung dari banyaknya jumlah wisatawan,’’ pungkas Kelly(tyo)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Indeks Saham Rehat di Zona Hijau


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler