Cegah Penyakit Musuh Generasi Bangsa!

Minggu, 15 November 2009 – 19:53 WIB

JAKARTA - Pemerintah melalui Departemen Kesehatan, harus segera mengantisipasi penyakit-penyakit yang dapat mengancam generasi bangsa"Contohnya, banyak kasus kematian bayi dan balita akibat Demam Berdarah, gizi buruk, atau pascabersalin," kata Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI, Hairiah, Minggu (15/11).

Pemerintah, katanya, semestinya bekerjasama dengan instansi terkait untuk mulai memacu program guna menekan kematian anak, yang nota bene adalah generasi bangsa

BACA JUGA: Boediono dan Sri Mulyani Target Angket Century

Misalnya, dengan mengatasi salah satu penyebab gizi buruk adalah lemahnya ketahanan pangan terutama pada keluarga miskin, serta  masalah lingkungan yang tidak bersih, untuk demam berdarah.

Tak hanya itu, masalah pola asuh sangat memperngaruhi timbulnya kedua faktor ini
"Juga tingkat pendidikan, pengetahuan dan ketrampilan ibu dalam memberikan asuhan gizi dan kesehatan sangat menentukan keadaan gizi anak," katanya.

Tak hanya itu, tantangan Departemen Kesehatan ke depan adalah dalam menangani penularan penyakit baru seperti influenza A H1N1 dan influenza A H5N1 juga terus muncul.

Ditambah lagi penyakit bersifat degeneratif seperti stroke, kanker, jantung dan lainnya

BACA JUGA: Linda Gumelar Harus Pahami CEDAW

Untuk itu, Hairiah mendukung kebijakan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedianingsih
"Kebijakan yang diambil tak melulu upaya kuratif saja

BACA JUGA: Komisi III DPR Tak Mau Memihak

Tetapi lebih kepada upaya preventif atau pencegahan," katanya seraya menambahkan, peningkatan pelayanan kesehatan pemerintah bisa dilakukan melalui peningkatan pelayanan Puskesmas dan Posyandu yang merupakan lini terdepan pelayanan untuk masyarakat.(Lev/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Brimob Siap Bentengi Kapolri


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler