Ciptakan Efisiensi Waktu, Tim NLE Sabet Penghargaan dalam ILA 2024

Jumat, 11 Oktober 2024 – 18:43 WIB
Tim Teknis Pengembangan National Logitstics Ecosystem (NLE) menyabet penghargaan kategori government of the year dalam Indonesia Logistics Awards (ILA) 2024. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Tim Teknis Pengembangan National Logitstics Ecosystem (NLE) menyabet penghargaan kategori government of the year dalam Indonesia Logistics Awards (ILA) 2024.

Penghargaan itu diberikan oleh Supply Chain Indonesia (SCI) di Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Kamis (10/10).

BACA JUGA: Bea Cukai Semarang Gagalkan Distribusi Rokok Ilegal Senilai Ratusan Juta di Kendal

Kepala Subdirektorat Humas dan Punyuluhan Bea Cukai, Budi Prasetiyo mengatakan dalam ILA 2024 Tim Teknis Pengembangan National Logitstics Ecosystem (NLE) yang terdiri dari Bea Cukai dan LNSW merupakan peserta kelompok kategori umum (competing awards).

Kemudian, berdasarkan hasil penilaian oleh Tim Riset SCI dan dewan juri ILA 2024, Tim Teknis Pengembangan NLE dinyatakan sebagai penerima penghargaan untuk kategori government of the year.

BACA JUGA: Bea Cukai Lepas Ekspor Camilan Khas Bangka Belitung ke Pasar Singapura

Program NLE dinilai berhasil membawa dampak positif dan berkontribusi penting dalam perbaikan kinerja logistik nasional.

Hasil survei Prospera menunjukkan NLE berperan dalam mendorong peningkatan efisiensi waktu dan biaya.

BACA JUGA: Bea Cukai Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan Ribuan Gram Narkoba

“Dalam dua tahun terakhir, rata-rata efisiensi yang dihasilkan layanan NLE adalah 51,1% dari segi waktu dan 34,75% pada beberapa layanan terkait clearance sarana pengangkut, barang, dan layanan kepelabuhanan,” kata Budi.

NLE dinilai berhasil membangun kolaborasi yang baik antarinstansi pemerintah dan stakeholder yang menangani layanan logistik di pelabuhan laut, seperti Otorita Pelabuhan, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi, serta terminal operator.

Kolaborasi ini menjadi kunci utama dalam penerapan simplifikasi layanan logistik yang telah berjalan di 46 pelabuhan nasional.

Sementara di sektor udara, kolaborasi ini telah mendorong perbaikan layanan logistik melalui program single submission ekspor dan penataan tata ruang bandara secara bertahap pada 6 bandara nasional.

Selain pemberian penghargaan, dalam kesempatan itu SCI juga menyelenggarakan The 3rd Seminar on Economic & Bussiness Outlook 2025.

Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai sekaligus Ketua Pelaksana Harian Tim Teknis Pengembangan NLE, Rudy Rahmaddi turut menjadi pembicara dan membahas perkembangan dan pencapaian program NLE beserta tantangannya ke depan.

“Penyampaian materi tersebut adalah upaya membuka peluang bagi NLE untuk lebih dikenal dan dipahami, sehingga membuka ruang kolaborasi yang lebih besar dengan entitas-entitas logistik. Selain itu dengan pemberiaan penghargaan ini tentunya menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas kinerja, demi membangun ekosistem logistik nasional yang lebih baik,” tutupnya. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Wujud Komitmen Bea Cukai Bengkalis dalam Memberantas Peredaran Narkotika


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bea Cukai   NLE   ILA 2024   Penghargaan  

Terpopuler