Dara Sunda-Betawi Juara Minang Talenta 2009

Selasa, 24 Maret 2009 – 21:28 WIB

JAKARTA – Pupus sudah harapan peserta grand finalis Talenta Minang 2009 asal Minang untuk memboyong hadiah sebuah Avanza dari Hj Mufidah Jusuf KallaPasalnya dari keseluruhan yang lolos grand final sebanyak 6 orang, satu diantaranya Reni Dara Agustina, blasteran Betawi-Sunda dinobatkan sebagai pemenang pertama dan berhak menggondol Avanza.

Minang Talenta 2009 diselenggarakan Pemda Sumbar, BK3AM dan TVRI Pusat

BACA JUGA: Kapolda Sumut: Saya Sudah Bertindak

Malam grand final berlangsung Senin (23/3) malam, dihadiri lebih dari 300 undangan dan pendukung, termasuk sejumlah tamu VIP seperti ibu Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla, Wakil Ketua DPD RI Irman Gusman, Gubernur Sumatra Barat Gamawan Fauzi dan para deputi dan staf khusus Wakil Presiden dan ribuan pemirsa TVRI.

“Saya tidak menyangka akan terpilih karena saya tidak memiliki darah Minang
Walau demikian, saya akan siap menjadi duta lagu-lagu Minang di berbagai kesempatan,” tegas mahasiswi Universitas Mustopo, Jakarta, yang mengaku belajar lagu Minang dari ayahnya, Darmadji yang ternyata bukan seorang Minang.

Sebelumnya, Dara berhasil menyisihkan 5 pesaingnya di grand final masing-masing Ade Saputra (juara II), Prima (juara III), Ocha (juara Favorit), Lan dan Mendra.

Penyanyi Minang, Elly Kasih yang juga salah seorang anggota tim juri, menyebut bahwa Dara memang pantas menang

BACA JUGA: Jerman dan Finlandia Berminat Investasi Listrik di Palembang

“Cengkokan suara, intonasi Minangnya serta artikulasinya sangat bagus
Dia sangat memahami dan menghayati semua lagu yang dia bawahkan,” kata Elly Kasim, usai pengumuman penilaian dewan juri.

Dara membawakan dua lagu

BACA JUGA: Gubernur NTB Bentuk Pemantau Ahmadiyah

Pertama, lagu Ginyang Mak Taci dan kedua lagu Guguak Manyambah yang dia bawakan dengan sangat pas oleh dewan juriSementara pesaing terdekatnya yang oleh banyak pemirsa difavoritkan sebagai juara, Ade Saputra, malam itu juga tampil gemilang dengan membawakan lagu Taragak dan Andam Oi, sesungguhnya juga tampil memukauMalah, ketika namanya diumumkan oleh pembawa acara Ajo Andre sebagai pemenang kedua, Ade nampak terkejutDia sepertinya merasa akan menjadi pemuncak, karena pada pengumumam juara III yang dimenangkan oleh Prima, Dara dan Mendra ikut tampil ke depan.

Selain mobil Avanza dan Piala, para pemenang (juara II dan III) juga menggondol mendapatkan dua sepeda motor sumbangan Wakil Ketua DPD RI asal pemilihan Sumatera Barat Irman Gusman dan Gubernur Sumatra Barat Gamawan FauziSedang untuk juara favorit yang direbut Ocha, meraih hadiah tabungan Rp5 juta dari Bank Nagari.

Sementara Mufidah Jusuf Kalla, Wakil Ketua DPD Irman Gusman, Gubernur Sumbar beserta Vita Gamawan Fauzi, Syahrul Ujud, Deputi Politik Seswapres Djohermansyah Djohan dan Deputi Kesra Azyumardi Azran dan Ketua Umum BK3AM Zulfahmi Burhan nampak puas dengan terselenggaranya acara Minang Talenta yang diikuti sekitar 400-an peserta dari Padang dan Jakarta.

Sangat disayangkan, para finalis ini baru pintar dalam tarik suara untuk melantunkan sejumlah lagu-lagu Minang di hadapan dewan juri , tetapi masih terbata-bata untuk menjawab pertanyaan sejumlah tokoh Minang pada sesi interview sekitar kebudayaan MinangkabauOcha, misalnya, tak mampu menjawab pertanyaan yang dilontarkan Zulfahmi Burhan tentang kisah Siti Nurbaya yang terkenal dengan kawin paksanya(fas/JPNN)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Fatwa MA Tak Tegaskan Pelantikan Sjachroedin


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler