Debit Sungai Bengawan Berpotensi Meninggi, Warga Tetap Waspada

Jumat, 22 Februari 2019 – 10:22 WIB
Sungai Bengawan Madiun. Foto: JPG

jpnn.com, MADIUN - Warga yang tinggal di sepanjang aliran Bengawan Madiun patut waspada. Ketinggian air sungai tersebut naik. Dari pantauan relawan Ranger Ngawi sejak kemarin (21/2), debit air naik hingga 2 meter.

''Tapi, saat petang mulai surut,'' kata Arif Mustofa, salah seorang relawan Ranger.

BACA JUGA: Sungai Meluap, Ribuan Rumah Terendam Banjir Lagi

Arif mengungkapkan, kenaikan debit air itu merupakan dampak langsung hujan deras yang mengguyur beberapa hari terakhir. Terutama di wilayah hulu sungai di Ponorogo dan Madiun.

''Dari tiga titik yang kami pantau bersama warga, yaitu Kendung, Kwadungan, dan Pleset, semua debit airnya naik,'' terangnya.

BACA JUGA: Jatim Minta Dana Rp 1,8 Triliun untuk Tanggulangi Banjir

Dia menjelaskan, mulai pukul 08.00 hingga 12.00 kemarin, debit air Bengawan Madiun di tiga wilayah tersebut naik sekitar 2 meter. Bahkan, di titik pantau sekitar area Jembatan Kendung, air sungai nyaris meluap ke daratan.

''Satu atau dua meter lagi bisa menggenangi permukiman,'' ujar Arif.

BACA JUGA: Tanggul Anak Sungai Bengawan Solo Jebol Bikin Warga Waswas

Dia menyebutkan, jika hujan terus mengguyur wilayah hulu sungai atau bendungan di Ponorogo dibuka, tidak tertutup kemungkinan debit air lebih tinggi. Kondisi itu berpotensi menimbulkan banjir di sejumlah wilayah Ngawi.

''Tapi, sejauh ini masih aman,'' ucap Arif.

Pantauan Jawa Pos Radar Ngawi, kenaikan debit air Bengawan Madiun mengakibatkan aliran sejumlah anak sungai tersebut tertahan. Kondisi itu membuat beberapa area persawahan di sejumlah desa sekitar aliran sungai terendam.

''Kami akan tetap siaga untuk mengantisipasi jika setiap saat air naik lagi,'' tegas Arif.

Sementara itu, Plt Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Ngawi Eko Heru Tjahjono mengungkapkan, kenaikan debit air Bengawan Madiun mencapai puncaknya pada pukul 14.00. ''Setelah itu, berangsur surut,'' katanya.

Soal kemungkinan terjadinya banjir, lanjut Heru, jika di wilayah hulu tidak turun hujan deras dengan intensitas tinggi, Ngawi masih aman. (tif/isd/c7/diq/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 80 Rumah Terendam Banjir, Warga Terisolasi


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler