Depdagri Minta Gubernur Kalsel Memfasilitasi

Terkait Sengketa Tapal Batas Antara Kabupaten Tanbu -Kabupaten Banjar

Selasa, 03 Maret 2009 – 15:51 WIB
JAKARTA- Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Banjar diharapkan tidak melakukan provokasi yang dapat membuat suasana semakin memanas akibat perselisihan tapal batas di kedua kabupaten tersebut.

Mendagri H Mardiyanto melalui juru bicara Depdagri, Saut Situmorang mengaharapkan masing-masing pihak menahan diri dan berfikir jernih dalam mengatasi permasalahan yang mereka hadapi.

“Kabupaten Banjar dan Tanah Bumbu kan tetanggaanMasak dengan tetangga sendiri saling memprovokasi

BACA JUGA: Gubernur NTB akan Presentasi di Acara WIEF

Jangan lah itu, tak eloklah kita sebagai bangsa,” kata Saut Situmorang kepada JPNN di ruang kerjanya, belum lama tadi.

Ditambahkan, kedua belah pihak hendaknya lebih mengedepankan musyawarah untuk mencapai kemufakatan
Untuk melakukan musyawarah tersebut, beber dia, Depdagri mengharapkan peran aktif Gubernur Kalsel Drs H Rudy Ariffin dalam memfasilitasi persengketaan tapal batas antara dua wilayah tersebut.

“Begitu aturannya

BACA JUGA: Gubernur Sultra Ngotot Tutup Tambang Emas Bombana

Dalam hal persengketaan di dalam satu wilayah provinsi, gubernur sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah harus memfasilitas dan berperan aktif menuntaskan permaalahan di daerahnya,” kata Saut lagi.

Di samping itu, Depdagri sendiri masih melakukan pengkajian komprehensif terkait persengketaan tapal batas antara Tanah Bumbu dan Kabupaten Banjar
Ketika disinggung kapan hasil pengkajian yang dilakukan Depdagri untuk menuntaskan masalah persengketaan itu, Saut Situmorang menegaskan keputusan yang diambil harus tepat sehingga tidak bisa dibebani tenggat waktu penyelesaian.

“Ada banyak hal pengkajiannya

BACA JUGA: IMB Hotel JW Marriot Medan Palsu

Mulai aspek historis, sosial, politik, geografis dan lainnyaKarena keputusan itu harus tepat, tentu tidak bisa segeraMohon bersabar sampai kami menuntaskannya,” terang Saut Situmorang dengan diplomatis.(fuz/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... MUI Larang Kampanye Pakai Ayat Alquran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler